Bulan Depan, Blitar Town Square Akan Dibuka

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Mal satu-satunya di Kota Blitar atau Blitar Town Square (Blitos) rencananya akan diresmikan Agustus 2018 ini. Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar mengaku sudah berkoordinasi dengan investor pengelola mal soal rencana peresmian mal itu. Saat ini, pembangunan mal sudah selesai lebih dari 90 persen. Dan kini, pembangunan mal tiga lantai itu masih dalam tahap finishing.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Walikota Blitar, Santoso. Menurutnya, selama ini masyarakat sudah lama menunggu pembukaan mal itu. Mal itu, akan menjadi yang pertama dan satu-satunya di Kota Blitar.

Santoso berharap keberadaan Blitar Town Square dapat menggeliatkan perekonomian di Kota Blitar. Mal itu dapat menyerap tenaga kerja di Kota Blitar. Selain itu, Pemkot Blitar juga meminta ke pengelola agar menyediakan stan untuk menampung produk usaha kecil menengah di Kota Blitar.

Untuk saat ini, lanjut Santoso, yang perlu diperhatikan adalah soal parkir kendaraan pengunjung mal. Pemkot Blitar mengaku masih perlu menambah lahan parkir di sekitar mal. Penambahan lahan parkir tersebut penting untuk menghindari kemacetan di lokasi. Apalagi mal itu berada di tengah kota yang berdekatan dengan Alun-alun dan Taman Pecut.

“Jadi saat mulai beroperasi, kita memperkirakan volume kendaraan di lokasi bertambah padat. Namun kita sudah berencana melebarkan lahan parkir di jalan sisi timur Alun-alun. Rencananya, pagar Alun-alun sisi timur akan dimundurkan untuk memperluas lahan parkir. Lahan parkir itu untuk kendaraan pengunjung di Alun-alun, Taman Pecut, dan mal,” jelas Santoso, Senin (23/07).

Untuk diketahui, pembangunan pusat perbelanjaan Blitar Town Square di Jalan Merdeka Kota Blitar itu dimulai pada pertengahan 2016. Pembangunan mal merupakan kerja sama antara Pemkot Blitar dan investor. Pemkot menyediakan lahan sedangkan investor yang melakukan pembangunan mal.

Rencananya, di lantai tiga akan dibuka bioskop dengan lima studio. Selain itu, di mal itu juga disediakan stan kafe dan restoran yang menyajikan aneka kuliner. Pengelola juga menyediakan stan untuk memamerkan produk usaha kecil menengah khas Blitar.(fat)

Keterangan gambar: Kondisi pembangunan Blitos saat ini.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment