BPBD Sidoarjo : Warga Diharap Waspada Potensi Puting Beliung Di Awal Musim Penghujan

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Pasca terjadinya hujan disertai angin puting beliung di beberapa wilayah di Kabupaten Sidoarjo hingga berdampak ratusan rumah mengalami kerusakan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, Dwidjo Prawito mengimbau agar masyarakat selalu waspada.

Dikatakan Dwidjo bahwa memang pada setiap awal musim penghujan, wilayah Kabupaten Sidoarjo sering kali dilanda hujan disertai angin puting beliung. Hal itu dikarenakan wilayah geografis Kabupaten Sidoarjo yang memiliki lebih banyak ruang terbuka seperti area pesawahan.

“Memang ini karena wilayah Kabupaten Sidoarjo yang banyak ruang terbuka sehingga berpotensi terjadi angin puting beliung,” kata Dwidjo kepada Tim Adakitanews, Senin (19/11).

Selain luasan area terbuka, lebih jauh Dwidjo menjelaskan, tingginya intensitas angin puting beliung di wilayah Kabupaten Sidoarjo juga dikarenakan letak geografisnya yang dekat dengan laut pada sisi timur wilayah Sidoarjo, yang berbatasan langsung dengan Selat Madura.

Lanjut Dwidjo, saat ini memang sudah mulai masuk awal musim hujan. Dan wilayah Sidoarjo, berpotensi hampir sertiap hari akan terjadi mendung, awan sigi hingga angin kencang. “Apabila tiba-tiba terjadi mendung gelap disertai angin kencang segeralah mencari perlindungan dengan keluar rumah mencari tempat yang jauh dari pepohonan,” imbuhnya.(sid3)

Keterangan gambar : Pohon tumbang akibat puting beliung di Sidoarjo. (bawah) Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo, Dwidjo Prawito.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment