Blitar Masih Kekurangan Ribuan Tenaga Pendidik

ADAKITANEWS, Blitar – Jumlah formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 untuk Kabupaten Blitar masih sangat minim, yakni 469. Dari formasi itu, hanya 440 yang dinyatakan lulus dan menerima petikan SK dari Bupati Blitar beberapa waktu lalu. Dengan demikian, berdasarkan catatan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, sampai detik ini masih kekurangan ribuan tenaga pendidik atau guru.

“Jadi dari 440 CPNS formasi yang resmi telah mendapat SK pengangkatan dari Bupati Blitar itu sudah termasuk CPNS di bidang pendidikan yang berjumlah 170 dari formasi umum, dan 50 dari petugas khusus honorer eks K2. Jadi di wilayah kita masih kekurangan ribuan guru,” kata Budi Kusumarjaka, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Sabtu (30/03).

Meski demikian menurut Budi, masalah kekurangan guru atau tenaga pendidik di Kabupaten Blitar memang sedikit teratasi. Karena ratusan CPNS yang sudah menerima SK ini merupakan usia produktif, sehingga dipastikan bisa bekerja secara maksimal dan tidak terkendala dengan masalah apapun.

“Ya tentunya kekurangan guru di Kabupaten Blitar masih menjadi masalah utama, karena hingga kini masih kekurangan ribuan guru baik tingkat SD dan SMP, sehingga dengan adanya tambahan CPNS ini maka nanti akan di tata ulang sesuai dengan beban kerja untuk memaksimalkan kinerja mereka,” ujarnya.

Budi menambahkan, setiap tahun kurang lebih di Kabupaten Blitar ada ratusan guru yang pensiun, termasuk ada guru yang meninggal dunia. Sehingga, semakin menambah jumlah kekurangan guru.(fat/wir)

Keterangan gambar: Budi Kusumarjaka, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment