BI Siapkan Uang Layak Edar Jelang Idul Fitri Hingga Rp 2,76 Triliun

ADAKITANEWS, Kediri – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri telah menyiapkan Uang Layak Edar (ULE) sebanyak Rp 2,76 Triliun. Angka tersebut diketahui naik dibanding tahun lalu, yakni sebesar 15 persen.

Kepala KPwBI Kediri, Sofwan Kurnia dalam pers rilisnya menyampaikan, naiknya penyediaan ULE tersebut menyusul adanya arah perbaikan perekonomian di kota Kediri pada bulan April 2021. “Ada perbaikan sisi ekonomi yang ditunjukkan dengan penguatan Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) yang saat ini berada di level optimis 113,33, atau lebih baik dibandingkan rata-rata triwulan pertama 2021 sebesar 99,95 perse,” katanya, Rabu (21/04).

Lebih lanjut Sofwan menjelaskan, menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, pihaknya memperkirakan akan terjadi peningkatan outflow yang lebih dalam, seiring dengan peningkatan kebutuhan uang tunai.

Meski demikian, terkait masa pandemi, Sofwan mengatakan bahwa pengedaran ULE tersebut nantinya akan dilakukan oleh perbankan maupun kegiatan kas keliling kepada perbankan. “Penukaran ULE dilayani melalui perbankan di 85 kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah kerja kami. Penukaran ULE, juga dapat dilakukan secara kolektif dengan mekanisme penarikan melalui tabungan, yang didahului dengan konfirmasi melalui form http://bitly/permohonanuang2021,” imbuhnya.

Tak hanya itu, masyarakat juga diimbau untuk bertransaksi menggunakan sarana pembayaran non-tunai. Yakni melalui internet banking, mobile banking, serta aplikasi QRIS.

“QRIS bukan aplikasi baru. Namun merupakan salah satu fitur metode pembayaran yang terintegrasi melalui satu standar QR yang dibangun bersama Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), melibatkan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) bank maupun non-bank seperti LinkAja, Gopay, OVO, Dana, dan sebagainya. Dengan adanya QRIS, masyarakat terhindar dari risiko uang palsu, tanpa perlu uang kembalian, serta memudahkan pencatatan transaksi keuangan,” jelentrehnya.(kur)


Keterangan gambar: Kepala KPw BI Kediri, Sofwan Kurnia (tengah) saat zoommeeting bersama para wartawan.

Related posts

Leave a Comment