BI Pastikan Jumlah Uang Baru Rp 75 Ribu Cukup untuk Masyarakat

ADAKITANEWS, Kediri – Diluncurkannya uang baru pecahan Rp 75 ribu yang bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, kini menjadi perbincangan hangat. Bank Indonesia pun memastikan bahwa jumlah uang baru tersebut cukup untuk diedarkan kepada masyarakat.

Dalam acara media briefing yang digelar pada Selasa (18/08) sore melalui aplikasi zoom, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah mengatakan bahwa secara nasional uang pecahan kecil (UPK) Rp 75 ribu telah dicetak sebanyak 75 juta lembar. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur, dipastikan cukup untuk kebutuhan masyarakat.

“Secara nasional ada 75 juta. Dan untuk wilayah Jawa Timur, jumlahnya cukup untuk kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Difi menjelaskan, masyarakat yang ingin memperoleh uang baru pecahan Rp 75 ribu tersebut dapat melakukan pemesanan melalui website https://pintar.bi.go.id dengan mengisi data dan hanya diperbolehkan 1 penukaran untuk 1 KTP.

“Dikarenakan saat ini masih dalam masa pandemi, kami mohon kepada masyarakat untuk bersabar. Karena pembagiannya harus benar-benar mengikuti arahan protokol kesehatan,” tegasnya.

Sekadar diketahui, pemesanan uang baru pecahan Rp 75 ribu tersebut hanya bisa dilakukan maksimal untuk dua minggu kedepan, dan akan dibuka kembali setiap hari pada pukul 00.00 WIB. Setiap hari, Bank Indonesia juga memberi batasan jumlah penukar yakni hanya 150 orang.

Masyarakat diimbau untuk tidak khawatir kehabisan uang tersebut. Karena pada 1 Oktober nanti, Bank Indonesia juga akan bekerja sama dengan 5 bank swasta untuk mengedarkannya. Bank-bank tersebut adalah Bank Mandiri, BNI, BCA, BRI, serta CIMB Niaga.(kur)

Keterangan gambar: Media briefing Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur.(dok. Adakita)

Related posts

Leave a Comment