Banjir Jalan Raya Porong, Satlantas Berlakukan Sistem Buka Tutup

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Satlantas Polresta Sidoarjo berencana bakal memberlakukan sistem buka tutup di Jalan Raya Porong lama. Hal itu dilakukan selama curah hujan tinggi, dan mengikuti kondisi jalan jika sewaktu-waktu tergenang air dan tak memungkinkan untuk dilalui kendaraan roda dua maupun kendaraan besar.

Dari pantauan Tim Adakitanews di lokasi pada Senin (21/01) sore, hanya terlihat satu jalur yang dioperasikan, yakni jalur arah Sidoarjo – Malang yang sudah tidak tergenang air. Namun, pada jalur sebaliknya yakni arah Malang menuju Sidoarjo, terlihat ditutup lantaran masih tergenang air setinggi antara 15 – 30 sentimeter, sepanjang sekitar 200 meter mulai dari Pos Polantas ke selatan.

Meskipun sudah ditutup total, beberapa kendaraan tetap terlihat menerobos genangan air. Hari, warga Sidoarjo, seorang pengendara yang sedang melintas di lokasi mengatakan, dirinya yang berangkat dari Pasar Baru Porong dan hendak ke Kota Sidoarjo, memang sengaja melintasi Jalan Raya Porong setelah mendapat kabar bahwa satu jalur airnya sudah surut.

“Memang tadi di pertigaan Pusdik Shabara masih ditutup dan dialihkan ke arah Arteri Porong arah Krembung. Tapi ini saya tetap lewat sini namun ya ini juga banyak juga sepeda motor yang dari arah berlawanan juga lewat tapi menggunakan satu jalur dua arah saja,” kata Hari saat diwawancara Tim Adakitanews di lokasi, Senin (21/01).

Sementara itu terkait situasi laluintas di Jalan Raya Porong lama, Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian Saleh Siregar mengatakan, untuk saat ini pihaknya tetap akan memberlakukan sistem buka tutup. Hal itu, kata Kasatlantas, terpaksa dilakukan meski hingga hari ini pompa air sudah banyak membantu menyurutkan genangan air. Namun kondisi cuaca dengan curah hujan tinggi, masih berpotensi menggenangi lagi jalan tersebut.

“Terkait situasi di Porong, kita sistemnya akan berlakukan buka tutup. Apabila air surut akan kita buka dan tutup kembali apabila air naik,” terang Kompol Fajrian Siregar saat dikonfirmasi melalui seluler.

Dalam pemberlakukan sistem tersebut, kepolisian juga akan menyiagakan beberapa petugas dari dua Polsek, yakni Polsek Tanggulangin dan Polsek Porong.

“Karena cuacanya tak bisa diprediksi. Saya selalu terus memonitor melalui Kanit Lantas Porong dan Tanggulangin, karena kedua Polsek ini yang menjadi penanggung jawab pola pengalihan arus lalin,” tegasnya.(sid3)

Keterangan gambar : Kondisi Jalan Raya Porong pada Senin (21/01) sore.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment