Bandar Sabu di Jombang, Tewas di Tangan Polisi

ADAKITANEWS, Jombang – Pelaku bandar obat terlarang golongan I jenis sabu di Kabupaten Jombang, tewas di tangan anggota Polres Jombang. Pelaku yakni MSS, 39, warga Desa Alang-Alang Caruban Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang.

Dalam pers rilis yang dipimpin oleh Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto di depan Kamar Jenazah RSUD Jombang, Jumat (23/02), Kapolres mengatakan bahwa MSS melakukan perlawanan saat dilakukan penangkapan. “Pada saat kita melakukan penangkapan, pihak yang bersangkutan melakukan perlawanan. Dengan demikian, kami terpaksa melakukan tindakan kepolisian yaitu melumpuhkan yang bersangkutan,” tegas Kapolres Jombang.

Diceritakan Kapolres Jombang, peristiwa bermula saat dilakukan penangkapan terhadap MMS pada, Rabu (21/02), oleh anggota Satresnarkoba Polres Jombang di Jalan Mayjen S Parman Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Dalam penangkapan tersebut, didapatkan barang bukti berupa sabu-sabu seberat 32,44 gram dan 23 butir pil extacy.

Setelah dilakukan penangkapan di wilayah tersebut, lanjut Kapolres menjelaskan, pihak Satresnarkoba Polres Jombang berusaha melakukan pengembangan dengan membawa pelaku MSS dengan keadaan diborgol dengan borgol plastik, menuju lokasi pengembangan di wilayah Denanyar Kabupaten Jombang.

Saat berada di lokasi tersebut (Denanyar, red), borgol yang dipasangkan ke pelaku terlepas dan pelaku berusaha melakukan perlawanan dengan merebut senjata petugas yang melakukan pengawalan. Dengan kondisi seperti itu, AKBP Agung Marlianto mengatakan, petugas yang berada di lapangan terpaksa melakukan penindakan tegas yang mengenai bagian tubuh (dada, red) pelaku. “Pada saat diamankan dan dibawa ke rumah sakit, yang bersangkutan dinyatakan meninggal dunia,” terang Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto pada pers rilisnya.

Penangkapan terhadap MSS ini, menurut AKBP Agung Marlianto merupakan pengembangan kasus dari pelaku NM, 32, warga Gambiran Utara Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang, yang sebelumnya telah ditangkap pada Jumat (16/02). “Dari NM kami berhasil mengamankan barang bukti sabu-sabu seberat 37,64 gram. Pelaku NM juga kita lakukan upaya paksa dengan melakukan penembakan di bagian kaki. Karena pada saat hendak ditangkap, yang bersangkutan mencoba melarikan diri,” pungkas Kapolres Jombang.

Sedangkan, Kasat Resnarkoba Polres Jombang, AKP Hasran mengatakan total barang bukti sabu yang diamankan dari dua pelaku tersebut mencapai 70 gram lebih. “Jika dirupiahkan, ditaksir mencapai nilai Rp 140 juta,” tandasnya.(ar)

Keterangan gambar: Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto saat melakukan pers rilis di depan Kamar Jenazah RSUD Jombang. (bawah) Jenazah MSS saat dinaikkan ke mobil.(foto:adi rosul)

Related posts

Leave a Comment