Antisipasi Dampak Kekeringan, Satpol PP dan Unit Pemadam Kebakaran Dirikan Posko 24 Jam

ADAKITANEWS, Nganjuk – Satpol PP Kabupaten Nganjuk bersama Unit Pemadam Kebakaran Pemkab Nganjuk, membuat posko kekeringan 24 jam. Posko ini dibangun untuk melayani pengiriman air bersih kepada ratusan kepala keluarga di 4 desa di wilayah Kecamatan Lengkong, hingga musim hujan tiba.

Kekeringan di Kecamatan Lengkong sejak tiga bulan terakhir, menyebabkan ratusan kepala keluarga di empat desa tersebut mengalami krisis air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tak jarang warga harus rela menempuh jarak 3 kilometer ke sawah untuk mendapatkan air.

Posko yang ada di kantor Kecamatan Lengkong tersebut sengaja didirikan karena dampak kekeringan di Kecamatan ini semakin meluas. Bahkan dalam satu bulan terakhir, meluas menjadi empat desa dari sebelumnya yang hanya dua desa.

Desa yang kini mengalami dampak kekeringan diantaranya Desa Ngepung, Desa Prayungan, Desa Pinggir, dan Desa Sumbersono. Dari keempat desa ini, Desa Ngepung mengalami kekeringan paling parah.

“Di Lengkong ada empat desa yang perlu perhatian khusus untuk mendapatkan bantuan droping air bersih,” ujar Haris Jadmiko, Camat Lengkong.

Haris mengungkapkan, pada hari pertama pendirian yakni Selasa (23/10), posko langsung disambut antusias masyarakat. Terutama warga di empat desa yang dilanda krisis air bersih setiap musim kemarau tiba.

“Posko ini sangat memudahkan proses droping air, sehingga bisa lebih cepat karena jarak dengan lokasi kekeringan lebih dekat,” imbuhnya.

Sementara itu Kasatpol PP Pemkab Nganjuk, Drs Abdul Wakid mengatakan, droping air bersih tersebut sifatnya tidak terbatas, sesuai permintaan dari masyarakat. Pihaknya juga telah menyiapkan beberapa personel yang siaga di posko tanggap kekeringan.

“Kita sudah menyiapkan personel dan dua unit mobil pemadam kebakaran. Selain sesuai fungsinya sebagai mobil pemadam kebakaran, mobil tersebut juga siap mengirim permintaan air bersih dari masyarakat di daerah rawan kekeringan,” ujarnya.

Selain empat desa di Kecamatan Lengkong, berdasar data dari BPBD Nganjuk, ada enam desa di tiga kecamatan lain yang mengalami kekeringan. Antara lain Desa Tempuran, Desa Gampeng, Kecamatan Ngluyu, Desa Genjeng, dan Desa Oro-oro Ombo di Kecamatan Ngetos. Kemudian Desa Ketawang dan Desa Sumberjo di Kecamatan Gondang.(c1/kur)

Keterangan gambar: Kasatpol PP Pemkab Nganjuk, Abdul Wakid.

Related posts

Leave a Comment