Aksi Damai dan Galang Dana Untuk Palestina

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Merasa prihatin dan peduli dengan nasib warga Palestina yang teraniaya, grup solidaritas yang mengatasnamakan diri Gerakan Anak Bahagiakan Orang Tua (Gabo) Kediri menggelar aksi damai di depan alun-alun Kota Kediri, Sabtu (29/07) siang.

Aksi damai ini digelar sebagai wujud solidaritas umat muslim di Kediri, yang protes terhadap langkah Pemerintah Israel memasang peralatan keamanan di Masjid Suci Al Aqsha.

Aksi digelar di pinggir Jalan Jenderal Panglima Sudirman depan alun-alun Kota Kediri sekitar pukul 13.00 WIB. Massa membawa poster dan spanduk bertuliskan kecaman terhadap negara zionis Israel. Beberapa spanduk maupun poster itu bertuliskan diantaranya, “Save Al –Aqsa”, “Masyarakat Kediri Peduli Al – Aqsha”, serta “Boikot Produk Israel”.

Selain aksi orasi dan pernyataan sikap, aksi siang itu juga diisi dengan pembacaan puisi, aksi teaterikal dan penggalangan dana hingga terkumpul kurang lebih Rp 54 juta yang nantinya akan dikirimkan ke Palestina. Selain orang dewasa, aksi simpatik ini juga diikuti oleh anak anak, baik perempuan maupun laki-laki.

Ustaz Nawawi, salah satu peserta yang ikut berorasi menjelaskan, aksi ini dinilainya sangat penting sebagai sesama umat Islam yang ikut merasakan penderitaan yang dialami warga Palestina. “Coba anda bayangkan, orang salat dilarang, bagaimana suasana hati kita di sini? Mereka berada di bumi sendiri malah diusir,” ujarnya.

Aksi damai ini berlangsung kurang lebih dua jam dan ditutup dengan doa. Dengan pengawalan ketat sekitar 80 personel anggota dari Polres Kediri Kota, aksi berlangsung tertib dari awal hingga akhir pelaksanaan.(udn)

Keterangan gambar : Orasi solidaritas warga Kota Kediri untuk Palestina.(foto:fasihhuddin kholili)

Related posts

Leave a Comment