Ajak Wartawan Ciptakan Iklim Sejuk Pemilu

ADAKITANEWS, Tulungagung – Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar mengajak wartawan untuk selalu menciptakan iklim yang sejuk menjelang Pemilu 2019. Peran media dinilai sangat penting dalam menyampaikan informasi positif untuk menciptakan situasi masyarakat yang kondusif. Sementara pemberitaan yang provokatif, justru akan menimbulkan perpecahan dalam masyarakat.

Hal itu disampaikan Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar dalam acara Gathering Bareng Kapolres Tulungagung bersama Jurnalis, di salah satu hotel di kawasan Bendungan Wonorejo Tulungagung, Rabu (16/01).

“Kami menyadari, media berperan besar dan penting dalam terciptanya keharmonisan di masyarakat dalam situasi Pemilu. Untuk itu, kami minta dukungan pada rekan-rekan wartawan agar membantu terciptanya kondisi masyarakat yang damai dan sejuk,” katanya.

Lanjutnya, pemberitaan di media massa terhadap persoalan tertentu akan membentuk opini di tengah masyarakat. Apalagi tingkat pemahaman masyarakat yang berbeda.

“Jika masyarakat yang berpikir rasional, tentu berita provokatif tidak akan berpengaruh. Tapi lain dengan yang tidak rasional, dan menelan mentah-mentah apa yang disajikan. Dan ini akan berdampak negatif karena opini negatif dari berita yang tidak benar,” tambahnya.

AKBP Tofik juga berpesan agar media senantiasa menjaga netralitas dalam pemberitaan atau tidak memihak kepada salah satu kelompok.

Dalam kesempatan tersebut, juga dipaparkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di Tulungagung, yang saat ini dinilai relatif aman. Kapolres Pun meminta, agar seluruh masyarakat bisa menjaga dan meningkatkan keamanan yang sudah cukup baik itu.

“Apapun pilihan atau perbedaan antar kita tidak ada masalah selama saling menghargai dan menghormati. Hal ini sudah kita buktikan pada Pilkada 2018 yang lalu. Berjalan secara aman, masyarakat juga bisa menghargai perbedaan pilihan,” ujar Kapolres.

Sementara Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tulungagung, Aminun Jabir pun menyambut baik acara yang digagas Kapolres tersebut.

Didepan Kapolres beserta para Kapolsek jajaran dan Muspika Pagerwojo, Jabir menyampaikan, dalam menyajikan informasi, seorang wartawan selalu berpegang pada Kode Etik Jurnalistik. “Sebagai seorang wartawan, kami berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik. Selalu menyampaikan secara berimbang,” tandas Aminun Jabir.

Jabir juga mengapresiasi hubungan antara pihak kepolisian dengan wartawan yang telah terjalin selama ini. “Semoga yang telah terjalin selama ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan,” pintanya.

Dalam acara gathering tersebut juga diadakan beberapa game dan olahraga bersama yang bertujuan untuk memupuk kebersamaan.(bac)

Keterangan gambar : Keakraban Kapolres dan jajaran bersama awak media.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment