Ada 120 KIPI Pada ORI Difteri Tahap Ketiga

ADAKITANEWS, Blitar – Pelaksanaan Outbreak Response Immunization (ORI) atau imunisasi difteri putaran ketiga di Kabupaten Blitar hingga kini masih berlangsung. Imunisasi yang menyasar anak usia 1 – 19 tahun ini ditargetkan selesai hingga akhir Desember 2018.

“Sampai saat ini masih terus berlangsung. Namun data yang kita punya, sampai saat ini sudah ditemukan 120 Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) baik yang non serius maupun serius,” kata Hendro Subagyo, Kasi Surveilen dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Sabtu (08/12).

Hendro menuturkan, untuk KIPI non serius ada 100 kejadian. Sementara KIPI yang serius ada 20 kejadian. Untuk KIPI non serius ini merupakan sasaran imunisasi ORI Difteri yang mengalami demam, batuk, pilek dan lain-lain ketika sudah mendapat imunisasi ORI Difteri. Mereka hanya mendapat perawatan jalan dengan diberikan obat-obatan, dan dipastikan sudah dalam kondisi sembuh untuk saat ini.

Sedangkan KIPI serius yang ditemukan ada 20 kejadian, maka harus menjalani perawatan di Puskesmas maupun Rumah Sakit, karena kondisi tubuhnya mengalami penurunan setelah mendapat imunisasi ORI Difteri.

“Kita pastikan sampai saat ini kondisi sasaran imunisasi ORI Difteri ini sudah dalam kondisi baik dan sehat,” ujarnya.

Hendro menambahkan, Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) setelah mendapat imunisasi difteri dinilai wajar, dan yang terpenting langsung mendapat perawatan intensif oleh tim medis.(fat/wir)

Keterangan gambar: Hendro Subagyo, Kasi Surveilen dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment