97 Persen Penyebab HIV/AIDS adalah Seks Bebas

ADAKITANEWS, Tulungagung – Tren penderita HIV/AIDS di Tulungagung masih menunjukkan peningkatan. Yang lebih memprihatinkan, penderita Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) ini didominasi usia produktif. Yakni usia rentang 25 hingga 29 tahun.

Menurut Kasi Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung, Didik Eka, gaya hidup bebas menjadi salah satu penyebab penularannya.

“Gaya hidup seperti hubungan seks bebas pada era modern menjadi salah satu penyebab penularan virus HIV makin cepat,” kata Kasi Pengendalian Didik Eka, Sabtu (01/12).

Dari data Dinkes Tulungagung, jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dari tahun 2006 sampai Oktober 2018 sebesar 2.246 jiwa. Dari jumlah tersebut, 97 persen penyebabnya adalah hubungan seksual yang tidak terproteksi. Sementara dua persen ditularkan dari ibu hamil kepada anak dan satu persen karena penggunaan jarum suntik secara bergantian.

Lanjut Didik, untuk menekan angka ODHA pihak Dinkes telah melakukan berbagai upaya. Diantaranya pemberian obat antiretroviral (ARV), program perawatan dukungan dan pengobatan (PDP) di puskesmas dan rumah sakit, juga menyediakan fasilitas tes HIV di seluruh puskesmas dan rumah sakit, serta melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

“Upaya tersebut kita lakukan, selain untuk menekan angka ODHA, juga upaya agar ODHA tetap dapat survive,” pungkas Didik.(bac)

Keterangan gambar : Ilustrasi.

Related posts

Leave a Comment