80 Persen APK Sudah Ditertibkan

ADAKITANEWS, Blitar – Sesuai aturan mulai tanggal 14 – 16 April 2019 merupakan masa tenang menuju Pemilu 2019. Sehingga, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beserta dengan instansi terkait melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) sejak Minggu (14/04) pukul 24.00 WIB.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Blitar, Abdul Hakam Sholahuddin mengatakan, APK yang terpasang di Kabupaten Blitar jumlahnya mencapai ribuan. Hngga saat ini pihaknya memastikan penertiban APK sudah mencapai 80 persen, baik APK ukuran kecil hingga ukuran besar.

“Sekitar 80 persen APK sudah kita tertibkan. Kalau untuk APK yang dipasang di papan reklame, tentunya kita bekerja sama dengan Satpol PP dan Dishub dengan menggunakan bantuan alat crane untuk menertibkan APK tersebut,” kata Hakam, Senin (15/04).

Lebih lanju Hakam menjelaskan, dihari tenang kedua ini pihaknya telah menerjunkan dua tim untuk melanjutkan proses penertiban APK. Tim pertama menertibkan APK di Kecamatan Sanankulon dan Ponggok, sedangkan tim kedua menertibkan APK di Kecamatan Nglegok, Garum, dan Kanigoro.

“Jadi hari ini kita juga terus melakukan penertiban APK. Kita berharap, dengan menertibkan APK ini pelaksanaan Pemilu 2019 bisa lebih kondusif,” ujarnya.

Hakam menambahkan, pihaknya memastikan pada H-1 pencoblosan Pemilu 2019 seluruh APK di Kabupaten Blitar sudah dibersihkan secara total. Namun, jika masih masyarakat masih menemukan bisa segera melapor ke Bawaslu.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana penertiban APK.(ist)

Related posts

Leave a Comment