5 ODGJ Dari Blitar Dikirim Ke RSJ Porong

ADAKITANEWS, Blitar – Keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Blitar saat ini masih cukup banyak. Terbukti, hasil razia terhadap gelandangan dan pengemis yang dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Blitar bersama instansi lain seperti Satpol PP beberapa pekan lalu, 15 gelandangan berhasil digaruk. Dan semuanya diketahui mengalami gangguan jiwa.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Romelan mengatakan, 15 orang gelandangan yang mengalami gangguan jiwa tersebut tidak bisa diberikan pelatihan dan harus dirujuk di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) untuk mendapat tindakan lebih lanjut.

“15 gelandangan yang kita razia beberapa waktu lalu mengalami gangguan jiwa. Sehingga kita harus kirim ke RSJ Porong agar mendapat penanganan lebih lanjut,” kata Romelan, Rabu (07/03).

Romelan menyampaikan, sebelumnya 15 orang yang terjaring razia itu ditempatkan di shelter milik Dinas Sosial terlebih dahulu yang berada di Kecamatan Garum, untuk menunggu jadwal dipindahkan ke RSJ Porong. Pihaknya pun memastikan saat ini 15 orang ini sudah dibawa di RSJ Porong untuk perawatan.

“Untuk saat ini kita masih menunggu hasil pemeriksaan di RSJ Porong, apakah harus terus menjalani perawatan atau tidak,” pungkasnya.

Romelan menambahkan, kedepan pihaknya bersama instansi lain akan melakukan razia gelandangan dan pengemis lagi. Hal ini sebagai salah satu upaya agar masyarakat Kabupaten Blitar bisa nyaman. Karena fakta di lapangan, rata-rata gelandangan yang ada mengalami gangguan jiwa.(fat/wir)

Keterangan gambar: Romelan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment