332 Desa se-Sidoarjo Pamerkan Produk Kreatif Warganya

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Ribuan hasil karya inovasi warga Sidoarjo dipamerkan dalam pameran “Bursa Inovasi Desa” yang digelar di Gedung Tenis Indoor GOR Delta Sidoarjo, Kamis (08/11). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo tersebut, diikuti oleh 332 desa yang tersebar di 18 Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.

Bursa Inovasi Desa kali ini digelar untuk meningkatkan ekonomi desa dan sumberdaya manusia khususnya yang berada di kawasan pedesaan.

“Yang dipamerkan ini, seluruhnya merupakan hasil karya Usaha Mikro Kecil Menengah dari desa masing-masing, sesuai program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT),” kata Ketua Tim Pendamping Desa, Dies Nil Fariadi kepada wartawan di lokasi.

Dies Nil memaparkan, acara tersebut juga merupakan pemacu untuk meningkatkan sumberdaya manusia, hasil karya, serta kreatifitas masyarakat Kabupaten Sidoarjo yang memiliki beragam karya dan nilai jual. “Kita bersama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bermaksud memberikan keluasan dalam membuat terobosan atau inovasi dalam mengelola keterampilan dan mengelola keuangan desa dengan benar sehingga bisa meningkatkan ekonomi desa,” harapnya.

Dengan memanfaatkan Dana Desa, Tim Pendamping Desa Kabupaten Sidoarjo akan mengawasi seluruh desa yang menjadi peserta aktif. Sedangkan untuk proses pelaksanaan implementasi program inovasi desa, saat ini tengah dipadukan untuk menjadi penunjang bagi efektifitas pelaksanaan program dari kementerian.

“Karena Dana Desa semestinya tidak harus hanya digunakan untuk infrastuktur saja. Tapi juga untuk menunjang perekonomian masyarakat, untuk mengelola hasil karya masyarakat yang memiliki nilai jual,” imbuhnya.

Sementara itu menurut Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah, dalam perspektif Desa Membangun, di Kabupaten Sidoarjo masih terkendala adanya keterbatasan kapasitas aparat pemerintah dan masyarakat desa yang perlu dilakukan pembinaan lebih.

Menurut Abah Saiful, panggilan akrab Bupati Sidoarjo dua periode tersebut, kualitas tata kelola maupun sistem pengelolaannya harus mendukung, agar terwujud regulasi dan kebijakan pemerintah untuk membangun inovasi supaya UMKM di setiap desa bisa semakin berkembang.

“Pemerintah Sidoarjo akan memberikan penghargaan bagi desa yang telah menunjukkan inovasinya. Nantinya penghargaan tersebut akan dijadikan acuan desa-desa lain untuk mengembangkan inovasi yang dimiliki,” harap Bupati.(sid3)

Keterangan gambar : Suasana Bursa Inovasi Desa yang digelar di gedung Tenis Indoor GOR Delta Sidoarjo.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment