30 Puskesmas di Kabupaten Kediri Layani Vaksinasi bagi Disabilitas

ADAKITANEWS, Kediri – Aliansi Masyarakat Peduli (AMP) Covid-19 dan Disabilitas Kabupaten Kediri menggandeng PDKK (Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri) untuk menggelar vaksinasi massal bagi disabilitas di Kabupaten Kediri. Vaksinasi digelar pada 30-31 Agustus 2021 di 30 Puskesmas se-Kabupaten Kediri.

“Tujuannya adalah untuk memberikan dukungan akselerasi vaksinasi disabilitas di Kabupaten Kediri agar semua disabilitas mendapatkan akses vaksinasi,” kata Sanusi, koordinator AMP Covid-19 dan Disabilitas saat memberikan keterangan di Puskesmas Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih, salah satu puskesmas yang dijadikan tempat vaksinasi untuk disabilitas, Senin (30/08).

Dalam pelaksanaan vaksinasi di lapangan, banyak tantangan yang dihadapi oleh pihak pelaksana yakni Dinas Kesehatan untuk menghadirkan disabilitas di lokasi vaksinasi yang telah ditentukan.

“Seperti akses ke lokasi vaksinasi yang jauh, tidak ada kendaraan atau keluarga yang mengantar ke lokasi vaksinasi, dan bahkan masih ada masyarakat yang menyembunyikan keberadaan disabilitas karena mereka malu,” ujar Sanusi.

Sementara itu Umi Salamah, Ketua PDKK mengaku sangat senang dengan adanya perhatian dari kawan-kawan yang tergabung dalam aliansi tersebut. “Kami sangat mengapresiasi petugas Puskesmas yang rela melakukan kunjungan door to door ke rumah kawan-kawan disabilitas yang kesulitan untuk datang ke puskesmas. Jumlah disabilitas di Kabupaten Kediri diperkirakan lebih dari 4.000 orang. Namun yang sudah divaksin baru sekitar 1.600 orang. Dengan upaya dari aliansi ini, diharapkan semua penyandang disabilitas bisa secepatnya dilakukan vaksinasi,” ujarnya.

Kepala UPTD Puskesmas Wonorejo Kecamatan Ngadiluwih, drg Muchoiyaroh mengatakan, timnya siap mendatangi para penyandang disabilitas atau ODGJ, sesuai dengan alamat yang sudah masuk di data Puskesmas. Nantinya mereka akan discreening, dan jika memungkinkan untuk divaksin, petugas akan langsung melakukan vaksinasi.

“Petugas kami beserta dokter siap mendatangi atau door to door ke rumah-rumah penyandang disabilitas. Mereka akan bersama bidan Desa sebagai penunjuk jalan kita,” kata drg Muchoiyaroh.(*/kur)


Keterangan gambar: Kegiatan vaksinasi massal bagi penyandang disabilitas.(kedirikab.go.id)

Related posts

Leave a Comment