29 Janda dan Perintis Kemerdekaan di Blitar Rutin Dapat Tunjangan

ADAKITANEWS, Blitar – Janda dan perintis kemerdekaan Republik Indonesia (RI) saat ini mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Pusat. Terbukti, Pemerintah Pusat telah menganggarkan bantuan ataupun tunjangan melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Kasi Kepahlawanan Keperintisan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Setyoningsih mengatakan, jumlah perintis dan janda perintis di Kabupaten Blitar totalnya ada 29 orang. Dari 29 orang tersebut, 3 diantaranya merupakan asli perintis kemerdekaan, sedangkan sisanya sebanyak 26 orang merupakan janda perintis kemerdekaan atau istri perintis kemerdekaan.

“Yang pasti ke-29 orang ini rutin mendapatkan bantuan dari Kemensos langsung, yakni berupa tunjangan yang rutin yang diberikan satu bulan sekali,” kata Setyoningsih, Jumat (03/08).

Lebih lanjut Setyoningsih menjelaskan, untuk dana yang diterima masing-masing perintis dan janda perintis ini berbeda-beda, mulai dari Rp 700 ribu per bulan, hingga Rp 2 juta per bulan. Menurutnya, dana yang diterima ini tergantung dengan golongan masing-masing perintis dan janda perintis.

“Kalau jumlahnya secara pasti kita tidak tahu, karena memang anggaran itu langsung dari Kemensos. Tapi bisa dipastikan jumlah dana yang diterima perintis lebih banyak dibandingkan dengan janda perintis,” pungkasnya.

Menurutnya, tunjangan ini secara rutin diberikan satu bulan sekali melalui kantor pos, sehingga bagi yang bersangkutan biasanya bisa mengambil satu bulan sekali hingga tiga bulan sekali.

“Ke-29 orang ini rata-rata usianya diatas 75 tahun. Keberadaan mereka menyebar di wilayah Kabupaten Blitar,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Setyoningsih, Kasi Kepahlawanan Keperintisan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment