25 Persen TPS di Blitar Masuk Kategori Rawan

ADAKITANEWS, Blitar – Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Blitar mencapai 4.753. Namun demikian, berdasarkan catatan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar, sekitar 25 persen atau 1.020 TPS dikategorikan rawan.

“Kerawanan ini kita lihat dari berbagai aspek, baik dari sisi internal maupun eksternal,” kata Abdul Hakam Sholahuddin, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blitar, Senin (15/04).

Hakam menjelaskan, lokasi TPS yang dikategorikan rawan menyeluruh di semua Kecamatan. Penetapan TPS masuk pada kategori rawan berdasarkan dengan hasil kajian, yakni TPS yang lokasinya berdekatan rumah tim pemenangan maupun tim sukses, kemudian TPS yang didirikan di dekat Rumah Sakit dan dekat dengan pondok pesantren.

“Selain itu, TPS yang memiliki Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) juga masuk kategori rawan, dimana ini jumlahnya cukup banyak. Sehingga dikhawatirkan bisa mempengaruhi dan perlu adanya pengawasan lebih Intensif,” ujarnya.

Abdul menambahkan, pihaknya berharap dalam pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2019 nanti kondisi di Kabupaten Blitar tetap kondusif dan proses pencoblosan hingga proses penghitungan bisa berjalan lancar.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment