114 Santri Karanggeneng Jalani Screening Sebelum Pulang Liburan

ADAKITANEWS, Lamongan – Dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Corona, Muspika Kecamatan Karanggeneng bersama Puskesmas setempat melakukan screening terhadap 114 santri dan 30 orang pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Tanwirul Qulub Desa Sungelebak Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan, Senin (11/05).

Camat Karanggeneng, Bekti Aprianto mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan bagian dari upaya Muspika dalam memutus rantai penularan covid 19 khususnya di wilayah Kecamatan Karanggeneng.

Bekti Aprinto melanjutkan bahwa para santri tersebut akan dipulangkan untuk menjalani masa liburan jelang Idul Fitri. Dari 114 orang santri tersebut rata-rata dalam kondisi sehat dan suhu tubuh secara keseluruhan di bawah 38 derajat celcius. “Sehingga tidak masalah, namun mereka tetap diarahkan untuk mematuhi protokol kewaspadaan, mengisolasi diri di rumah selama 14 hari dan seterusnya,” sambungnya.

Hal senada dikatakan Danramil 0812/15 Karanggeneng, Lettu Inf Sobar Adnanto dan Iptu Raksan Kanit Sabhara Polsek Karanggeneng. Selain melakukan screening pihaknya juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan sosialisasi protokol kesehatan secara seluruh Kecamatan Karanggeneng.

“Itu semua dilakukan sebagai wujud kesungguhan kami dalam berupaya ikut memutus rantai penularan covid 19 tersebut agar tidak meluas,” katanya .

Sementara itu Pengasuh Ponpes Tanwirul Qulub Sungelebak KH Mustain Ilyas mengatakan dengan pelaksanaan screening tersebut pihaknya sangat mendukung upaya Muspika dan pemerintah dalam memutus penularan covid 19.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap para santri tadi, mudah mudahan mereka semuanmya sehat dan alhamdulilah suhu tubuh mereka dibawah 38 derajat celcius, sehingga mereka bisa pulang dan tetap saya juga pesan kepada mereka untuk mengisolasi diri selama 14 hari, dan mematuhi protokol kesehatan,” harapnya.

Terpisah Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han saat di konfirmasi Dia menyampaikan salam hormat kepada KH. Mustain Ilyas.Terkait dengan pelaksanaan screening tersebut. Menurutnya itu merupakan bagian dari tugas bersama dalam mencegah meluasnya penularan covid 19.

“Semua warga kita lakukan penerapan pencermatan terutama di lingkungan pondok pesantren karena tempat berkumpulnya banyak santri tentunya memiliki tingkat kerentanan tersendiri, termasuk warga masyarakat yang baru pulang dari luar kota daerah zona merah maupun dari luar negeri, mereka harus menjalani karantina,” tandasnya.(prap)

Keterangan gambar: Muspika Kecamatan Karanggeneng saat usai melakukan screening terhadap para santri Tanwirul Qulub Sungelebak.(foto suprapto)

Related posts

Leave a Comment