Pilkades Serentak Nganjuk: 80 Persen Warga Gunakan Hak Pilih

ADAKITANEWS, Nganjuk – Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat melakukan peninjau secara langsung pelaksanaan Pilkades tahap 2 tahun 2019, yang digelar serentak di 20 Kecamatan di Kabupaten Nganjuk, Selasa (12/02).

Di sela-sela agenda tersebut, Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk menyampaikan bahwa ada 232 Desa yang melaksanakan Pilkades serentak, dari 264 Desa di 20 Kecamatan se-Kabupaten Nganjuk.

Dalam pelaksanaannya, Pilkades serentak tahap 2 tahun 2019 tingkat kehadiran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya rata-rata sebesar 80 persen.

Tingginya angka penggunaan hal pilih tersebut, kata Bupati, salah satunya karena gencarnya sosialisasi yang dilakukan selama tiga minggu sebelum pelaksanaan Pilkades serentak. “Sehingga kesadaran masyarakat memilih Kepala Desa meningkat,” ungkapnya.

Bupati menjelaskan, mulai pukul 13.00 WIB, pelaksanaaan Pilkades akan serentak ditutup. Dan rencananya, menjelang pukul 14.00 WIB proses penghitungan suara akan berlangsung. Kemudian, data-data dari masing-masing TPS (Tempat Pemungutan Suara) akan disetorkan ke Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak sebelum pukul 17.00 WIB.

“Sebelum magrib, diharapkan semua data Kepala Desa terpilih sudah setorkan ke Pemkab Nganjuk. Sehingga besok bisa segera diumumkan nama-nama kepala desa terpilih,” tandasnya.

Bupati berharap dengan terpilihnya Kepala Desa yang baru nanti, kedepan program-program Pemerintah Desa bisa bersinergi dengan Pemerintahan Kabupaten. Karena Pemerintahan Kabupaten juga bersinergi dengan Provinsi, dan Provinsi bersinegi dengan program Nasional.

‘Target bersinergi Pemerintah yang baru nanti adalah tiga bulan. Apapun hasil Pilkades nanti, itu adalah pilihan rakyat. Dan saya juga yakin Pilkades ini akan aman, karena masyarakat Nganjuk juga sudah dewasa semua dalam menghadapi proses demokrasi,”pungkasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat saat meninjau pelaksanaan Pilkades serentak di salah satu TPS.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment