Kembangkan Desa Wisata dengan Program Pertanian dan Perternakan

ADAKITANEWS, Nganjuk – Kodim 0810/Nganjuk bersama P4S (Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya) Joglo Nganjuk melakukan gelar komunikasi sosial dengan diskusi koordinasi tentang rencana pengembangan Desa Wisata, pertanian dan perternakan di Desa Wisata Kweden Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk, Senin (04/02).

Dandim 0810/Nganjuk, Letkol Kav Joko Wibowo menjelaskan, kegiatan komunikasi sosial ini dilaksanakan untuk saling bertukar pikiran tentang bagaimana mengembangkan produk pertanian dan perternakan serta perkebunan di wilayah Kabupaten Nganjuk.

“Dalam diskusi tersebut menghasilkan sebuah kesepakatan untuk mengembangkan destinasi wisata yang berada di wilayah Kabupaten Nganjuk melalui program pertanian dan perternakan,” ujarnya.

Menurut Letkol Kav Joko Wibowo, pembangunan pertanian terpadu merupakan upaya dalam mewujudkan sistem pertanian yang berkelanjutan. Kegiatan pertanian akan berkelanjutan apabila pengelolaan sumberdaya untuk usaha pertanian berhasil dalam memenuhi kebutuhan manusia yang terus berubah, sekaligus dapat mempertahankan atau meningkatkan kualitas lingkungan dan melestarikan sumberdaya alam yang ada.

Hal senada disampaikan Susanto, Ketua P4S Joglo Nganjuk. Ia mengatakan bahwa sistem pertanian terpadu ini adalah fondasi pertanian yang segera diwujudkan oleh pemerintah, karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat juga negara serta persaingan global.

“Karena dalam persaingan global ini agar negara mampu menyediakan pangan kebutuhan masyarakat yang sehat dengan budidaya yang murah, sehat, yang mengedepankan kemandirian petani berbasis kearifan lokal serta berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat tani,” paparnya.

Dengan sistem terpadu ini ia berharap negara bisa swasembada pangan dan swasembada daging. “Tentunya berdampak pada pendapatan pertanian,” tandasnya.(ng1)

Keterangan gambar: Dandim 0810/Nganjuk, Letkol Kav Joko Wibowo saat berdiskusi bersama P4S terkait pengembangan Desa Wisata.(ist)

Related posts

Leave a Comment