19 Desa di Blitar Terapkan Program Pamsimas

ADAKITANEWS, Blitar – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan program dari Pemerintah Pusat dalam rangka mencukupi kebutuhan air bersih untuk masyarakat. Sejak 2017 lalu, Pemerintah Kabupaten Blitar sudah dipercaya untuk menerapkan program tersebut.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Blitar, Agus Santoso mengatakan, berdasarkan fakta di lapangan program Pamsimas ini sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Dan pada tahun ini, ada 19 desa di Kabupaten Blitar yang sudah menerapkan program Pamsimas.

“Program ini diperuntukkan kepada desa yang kesulitan mendapat air bersih, seperti di kawasan Blitar selatan dan sekitarnya yang selama ini sering terjadi kekeringan atau kekurangan air bersih,” ujarnya, Selasa (20/11).

Agus menjelaskan, Kabupaten Blitar mendapat program Pamsimas dimulai 2016, yakni tahap persiapan. Kemudian 2017 baru pelaksanaan. Untuk 2017 lalu, pihaknya sudah melaksanakan di 12 desa. Bahkan program yang terlaksana di 2017 lalu mendapat penilaian terbaik se-Jawa Timur.

“Tahun 2017 lalu 12 desa, tahun ini 19 desa, dan tahun depan direncanakan bisa 30 desa. Program ini tentunya direncanakan, dilaksanakan, dan dikelola sendiri oleh masyarakat,” tegasnya.

Agus menuturkan, tujuan program ini untuk memperluas cakupan kebutuhan akses air minum pada masyarakat. Menurutnya, capaian pemenuhan kebutuhan air secara nasional, capaian baru mencapai 72 persen. Sementara di Kabupaten Blitar lebih baik dengan 74 persen di tahun 2017. Tahun ini diharapkan bisa mencapai 78 persen.

“Kalau kategori desanya adalah desa yang sulit mencari air bersih. Misalnya ada sumber air tapi harus memerlukan jalan kaki yang jauh untuk mendapatkannya. Nah, sehingga sasaran kita bagaimana mendekatkan sumber air itu ke masyarakat,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Agus Santoso, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment