Undang Pengusaha, Bupati Ajak Salurkan Zakat Lewat Baznas

ADAKITANEWS, Lamongan – Bupati Lamongan, Fadeli secara khusus mengundang pengusaha-pengusaha di Lamongan untuk buka puasa bersama di Pendopo Lokatantra, Selasa (21/05) sore. Dalam agenda itu Bupati mengajak mereka untuk menyalurkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lamongan.

Pengusaha yang diundang itu adalah mereka yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), kontraktor, pengembang serta pengusaha huller dan penggilingan padi. “Pengurus Baznas Lamongan sudah dilantik setahun yang lalu. Bertepatan dengan momen Ramadan 1440 Hijriyah tahun 2019 ini, mari kita semua maksimalkan fungsi Baznas Lamongan,” kata Fadeli.

Dia memahami, semua pengusaha pasti sudah mengeluarkan zakat, infaq dan shodaqoh setiap tahunnya. “Namun Saya berharap mulai sekarang, meskipun tidak semua, setidaknya ada sebagian zakatnya yang disalurkan melalui Baznas Lamongan,” harapnya.

Fadeli meminta para pengusaha memberi kepercayaan kepada Baznas untuk menyalurkan sebagian zakatnya. Karena itu di kesempatan itu pula Fadeli memberikan arahan kepada Baznas Lamongan agar transparan kepada para muzakki.

Seperti dengan secara periodik mengumumkan perolehan zakat yang diterima melalui website Baznas dan bagaimana penyalurannya. Hal ini menurutnya akan meningkatkan kepercayaan para muzakki kepada Baznas yang merupakan lembaga pemerintah non struktural tersebut.

Sementara Ketua Baznas Lamongan, Abdul Rouf menjelaskan, Baznas ini adalah lembaga pemerintah yang bersifat mandiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011. Dalam banyak hal, lanjut dia, Baznas adalah tangan kanan pemerintah untuk dapat membantu menurunkan angka kemiskinan. Melalui Baznas pula, zakat dari mereka yang kaya akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Dalam acara tersebut juga hadir Ketua Baznas Provinsi Jawa Timur, Abdussaalam Nawawi. Dia mengungkapkan, dari data Baznas pusat, potensi zakat yang dapat dihimpun di Indonesia mencapai Rp 250 trilliun. Namun sampai saat ini baru bisa terhimpun Rp 8,1 trilliun.

“Saat ini masjid-masjid sudah banyak yang dibangun bagus dan indah. Ramadan juga disambut dengan semarak. Namun dalam hal zakat, masih sering kita lihat orang yang antre menerima zakat bukan antre membayar zakat,” ujarnya

Dia berharap semoga nantinya di Kabupaten Lamongan, dapat ditemui orang yang antre membayar zakat, dan bukan sebaliknya. Kesanggupan untuk menyalurkan zakat melalui Baznas disampaikan Ketua Kadin Lamongan Ismed Jauhari yang hadir dalam buka bersama tersebut.(ng1)

Keterangan gambar: Bupati Lamongan, Fadeli saat bertemu dengan para pengusaha di Lamongan.(ist)

Related posts

Leave a Comment