UKW Angkatan 39 Digelar di Kediri, 29 Wartawan Dinyatakan Kompeten

ADAKITANEWS, Kediri – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur kembali menggelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke 39 di Kediri, Selasa hingga Rabu, 29-29 Desember 2021. Hasilnya, dari 30 peserta ujian, 29 di antaranya dinyatakan kompeten oleh Tim Penguji dari PWI Pusat.

UKW Angkatan 39 kali ini diikuti oleh 30 peserta yang terbagi menjadi 5 kelas. Rinciannya, 1 kelas jenjang Utama bagi wartawan yang bertugas sebagai Pemimpin Redaksi, 1 kelas jenjang Madya bagi para Redaktur, serta 3 kelas jenjang Muda yang diperuntukkan bagi para wartawan lapangan.

Ketua PWI Kediri, Bambang Iswahyoedhi mengatakan, UKW penting diikuti oleh setiap wartawan. Tujuannya adalah menguji tingkat kompetensi mereka dalam menjalankan tugas keseharian di bidang kejurnalistikan.

“UKW ini dilaksanakan untuk mengukur kemampuan Wartawan, Redaktur, hingga Pemimpin Redaksi dalam menjalankan tugasnya sehari-hari,” ujarnya.

Yang diujikan di dalam UKW ini, lanjut Bambang, adalah hal-hal yang wajib dilakukan serta diketahui oleh wartawan dalam setiap jenjang, sesuai dengan Undang-Undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, hingga PPRA (Pedoman Pemberitaan Ramah Anak).

“Nantinya akan diketahui, mana wartawan yang dinyatakan kompeten atau belum. Pengujinya adalah langsung dari PWI Pusat,” imbuhnya.

Salah satu penguji UKW sekaligus wartawan senior, Djoko Tetuko Abdul Latif mengatakan, setelah dinyatakan kompeten wartawan dituntut untuk terus mengembangkan kompetensinya, serta mengaplikasikannya dalam kegiatan kejurnalistikan sehari-hari.

Ada 3 indikator yang diujikan. Yakni Kesadaran (awareness), Pengetahuan (knowledge), serta Keterampilan (skills).

Kesadaran, yakni wartawan dituntut sadar dalam menerapkan etika. Misalnya cara wawancara tatap muka, doorstop, memperkenalkan diri kepada narasumber, izin mengambil gambar, meminta nomor kontak, dan lain-lain.

Sementara itu Pengetahuan, yakni sejauh mana wartawan tahu tentang aturan-aturan kejurnalistikan. Mulai dari UU nomor 40 tahun 1999, KEJ, PPRA, PPMS, dan lainnya.

Terakhir adalah Keterampilan. Yaitu kemampuan wartawan dalam menulis berita, merencanakan liputan, menyunting sebuah berita, dan lain-lain.(kur)


Keterangan gambar: Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 39 di Kediri.(ist)

Related posts

Leave a Comment