UKM di Blitar Rata-rata Belum Penuhi Syarat Sertifikasi Halal

ADAKITANEWS, Blitar – Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Blitar saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena faktanya, usaha tersebut kini mulai diminati masyarakat untuk meningkatkan taraf ekonomi mereka. Namun demikian, ternyata masih banyak UKM di Kabupaten Blitar yang belum memenuhi persyaratan sertifikasi halal.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Indra Gunawan mengatakan, selama ini pihaknya menilai masih banyak UKM yang belum memiliki sertifikat halal dikarenakan yang bersangkutan mengaku kesulitan untuk memenuhi persyaratan sertifikasi halal. Padahal, di Kabupaten Blitar jumlah UKM cukup banyak, yakni sekitar 100 ribu UKM yang terdiri dari beberapa bidang, seperti bidang makanan olahan, peternakan, kerajinan, dan batik.

“Kalau pada tahun 2017 yang lalu kita sudah memberikan bantuan kepada kurang lebih 30 UKM untuk mengurus sertifikat halal. Namun untuk bisa mendapatkan sertifikat halal harus melalui beberapa proses yang panjang, sehingga terkadang masyarakat enggan untuk mengurusnya,” kata Indra, Sabtu (24/02).

Selain itu, lanjut Indra, persyaratan yang harus dilengkapi setiap UKM juga cukup banyak. Sehingga Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar tidak bisa memberikan bantuan sertifikasi halal sepenuhnya, artinya pemberian bantuan sangat terbatas. Namun pihaknya memastikan akan tetap memberikan bantuan, meski tidak bisa maksimal.

“Untuk tahun ini, kita tentunya terus mendorong setiap UKM untuk segera mengurus sertifikasi halal, dan berupaya untuk memberikan bantuan kepada UKM untuk mengurus penerbitan sertifikat halal,” paparnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ilustrasi.(google.com)

Related posts

Leave a Comment