Uji Kir Kendaraan di Dishub Sidoarjo Mulai Gunakan E-Money

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo sudah mulai memberlakukan sistem e-money dalam uji kendaraan bermotor. Dengan sistem e-money tersebut, masyarakat yang akan melakukan uji kir kendaraan diharap akan lebih mudah dan cepat.

Sistem ini diberlakukan mulai Senin (03/09). Selain mempercepat dan mempermudah dalam administrasinya, sistem tersebut juga untuk mengurangi antrean kendaraan pengurus ujir kir di kantor Dinas Perhubungan Sidoarjo, yang terkadang mengular hingga ke jalan raya.

Kepala Dishub Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amiq menjelaskan, alasan lain diberlakukannya e-money adalah lantaran sebelumnya pembayaran uji kir kendaraan bermotor dengan sistem cashless atau tunai, dianggap masih belum maksimal dan memakan waktu lama.

“Dengan sistem yang lama dianggap masih banyak kekurangannya. Nah sekarang, mulai hari ini, Dishub Sidoarjo memberlakukan uji kir kendaraan bermotor dengan sistem e-money,” kata Bahrul Amiq.

Bahrul Amiq mengatakan, dengan metode yang baru atau dengan cara non tunai ini juga akan menjadikan akuntabilitas dan transparasi pengurusan lebih jelas, serta memudahkan masyarakat yang akan melakukan pengujian kendaraannya.

“Kantor Dishub Sidoarjo tidak akan menahan uang tunai, karena dalam sistem tersebut masyarakat bisa langsung transaksi dengan Bank Jatim,” ulasnya.

Bagi masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya yang akan melakukan pengujian kendaraan bermotor di Dishub Sidoarjo namun tidak membawa atau tidak memiliki ATM, di lokasi pengujian masyarakat bisa membuka nomor rekening dengan saldo minimal Rp 20 ribu yang sudah disediakan. “Yang belum memiliki ATM bisa membuka rekening disini juga,” jelasnya.

Dengan dimulainya metode baru pembayaran pada uji kir kendaraan tersebut, juga diharapkan bisa meminimalisir adanya pungutan liar di lingkungan Dishub Sidoarjo.(sid3)

Keterangan gambar : Petugas Dishub Kabupaten Sidoarjo sedang melakukan uji kir.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment