Tugas Pertama DPRD Lamongan Pasca Dilantik, Atasi Bencana Rutin Banjir dan Kekeringan

ADAKITANEWS, Lamongan – Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Lamongan kembali menggelar aksi demo di depan Gedung DPRD Lamongan, Senin (26/08).

Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikan beberapa tuntutan terhadap anggota dewan yang baru dilantik beberapa hari lalu. Diantaranya harus menyelesaikan persoalan banjir dan kekeringan yang menjadi bencana rutin bagi masyarakat Lamongan.

Para wakil rakyat tersebut diminta untuk merumuskan kebijakan pemerataan fasilitas pendidikan, baik yang sifatnya kebijakan distributif, ekstraktif, maupun regulatif. Menyelesaikan persoalan pengangguran di Lamongan, hingga mengontrol pengelolaan sumberdaya alam.

Saat menggelar aksi, para mahasiswa sempat ditemui oleh enam orang anggota DPRD. Namun mereka justru ditolak oleh para mahasiswa. “Kita ingin ketemu Ketua DPRD. Kapasitas anda ini sebagai apa menemui kami,” teriak Koordonator Lapangan, Nasirul Falahuddin.

Penjelasan panjang lebar perwakilan DPRD pun tidak bisa bisa diterima massa. Massa tetap ingin ditemui Ketua DPRD sementara, Abdul Ghofur.

Akhirnya sekitar 20 menit kemudian, Ketua DPRD sementara, Abdul Ghofur keluar dan menemui massa. Pihaknya pun memastikan akan mengakomodir dan mengupayakan apa yang menjadi tuntutan para mahasiswa. “Kami ini kan mewakili anda,” kata Abdul Ghofur.

Abdul Ghofur meminta kesempatan pada pendemo agar para wakil rakyat bisa menyelesaikan tahapan – tahapan di dewan. Para mahasiswa pun masih belum bisa menerima argumentasi Abdul Ghofur hingga akhirnya merangsek masuk ke dalam lobi gedung DPRD.

Kali ini massa meminta daftar absensi DPRD hari ini. Namun oleh Saifudin Zuhri, anggota DPRD dari FPKB, para mahasiswa diberikan penjelasan bahwa tidak ada kewajiban bagi anggota DPRD untuk mengisi absen. “Tatibnya tidak ada, kalau ada rapat baru ada absensi,” tandas Saifudin Zuhri.

Massa akhirnya membubarkan diri dan mengancam akan kembali menggelar aksi demo dengan jumlah yang lebih banyak.(prap)

Keterangan gambar: Puluhan mahasiswa saat menggelar aksi demo di gedung Dewan.(foto: suprapto)

Related posts

Leave a Comment