Truk Gandeng Bermuatan Pakan Ternak Terguling

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sebuah truk gandeng milik PT Kencana Mojosari bermuatan pakan ternak, terguling di Jalan Raya Jenggolo Sidoarjo, tepatnya di selatannya fly over Buduran, Rabu (26/09) malam.

 

Truk gandeng dengan nopol S 9167 UQ yang dikemudikan Miskan , 36, warga Kecamatan Tunggal Pager Pungging Mojokerto tersebut, diketahui hendak menuju Jombang.

 

Di lokasi kejadian, truk tampak terguling di tengah jalan raya. Beberapa warga sekitar dibantu anggota Satlantas Polresta Sidoarjo, juga terlihat membantu mengumpulkan muatan yang tercecer agar sebagian jalan bisa dilewati mobil maupun sepeda motor.

 

Sudir, 40, kernet truk mengatakan, usai melintasi flyover, tepatnya di bawah JPO (Jembatan Penyeberangan Orang), tiba-tiba ia merasakan truknya seperti tertabrak kendaraan dari belakang. Setelah mendengar suara benturan, Sudir menengok ke belakang. “Setelah saya tengok kebelakang, kaget saya, ternyata gandengan sudah terlepas dan terguling,” ungkapnya kepada Tim Adakitanews.

 

Dijelaskan Sudir, terlepasnya gandengan bermuatan pakan ternak sekitar 20 ton tersebut dikarenakan sambungan gandengan jebol. “Ini tadi karena sambungannya jebol, sudah terkunci. Tapi karena jebol jadi kita tidak menyangkanya. Padahal setiap hendak berangkat pasti kita selalu mengecek sambungannya tadi normal-normal saja,” terangnya.

 

Sementara, anggota Unit Laka Satlantas Polresta Sidoarjo dan Polsek Sidoarjo Kota yang berada di lokasi, terlihat segera melakukan evakuasi pengamanan lalulintas.

 

Kapolsek Sidoarjo Kota, Kompol Muh Rochsul menjelaskan, sementara pihaknya akan melakukan pengaturan lalulintas dari arah utara ke selatan menuju Kota Sidoarjo. “Ini murni kecelakaan tunggal. Sementara kita lakukan pengaturan lalulintas agar arus lalulintas dari arah utara ke selatan bisa berjalan dulu,” ungkapnya.

 

Untuk mengevakuasi bak truk yang terguling, lanjut Kompol Rochsul, petugas kepolisian akan mendatangakan mobil derek dan mendatangkan alat berat lowder untuk mengambil muatan yang tercecer.

 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. “Kita memanggil mobil derek dari tol untuk mengangkat bak truk, karena yang penting bak truknya bisa berdiri dulu. Dan untuk mengambil muatan yang tercecer kita datangkan alat berat dari PT Confeed untuk mengambilnya,” tegasnya.

 

Akibat dari kecelakaan ini, pagar pembatas jalan mengalami rusak dan satu PJU (Penerangan Jala Umum) juga roboh.(sid3)

 

Keterangan gambar : Truk gamdeng bermuatan pakan ternak yang terguling.(foto : andri santoso)

Related posts

Leave a Comment