Tol Tersambung, Potensi Kemacetan dan Kecelakaan Diprediksi Berkurang

ADAKITANEWS, Nganjuk – Pasca Tol Wilangan-Kertosono dibuka dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (20/12) kemarin, potensi kecelakaan dan kemacetan di wilayah Kabupaten Nganjuk diprediksi bakal berkurang.

Hal itu dikatakan Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Winarta, di sela kegiatan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru dalam rangka perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di halaman Mapolres Nganjuk, Jumat (21/12) pagi.

Meski dibukanya Tol Wilangan-Kertosono diprediksi bakal terjadi penurunan angka kecelakaan dan kemacetan, AKBP Dewa Nyoman tetap menegaskan kepada setiap anggotanya untuk tidak lengah. “Namun kita tidak boleh lengah. Untuk itu harus tetap monitoring dan pengamanan pada titik rawan macet dan laka-lantas, serta laksanakan manajemen dan rekayasa arus lalu-lintas dengan tepat,” tegasnya.

Kapolres menambahkan, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini, Polri juga sudah menginventarisir beberapa potensi kerawanan. Diantaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, potensi terorisme, sweeping ormas dan aksi intoleran, stabilitas pangan, kemacetan, serta kecelakaan lalu-lintas.

“Terkait aksi teror, dilakukan peningkatan upaya preemtif strike terhadap seluruh kegiatan pelaku teror, untuk mencegah aksi teror. Selain itu juga meningkatkan keamanan personel di lapangan dengan bodysystem dan peningkatan kewaspadaan personel,” katanya.

Dalam kesempatan itu pun Kapolres juga mengimbau agar ormas tidak melakukan sweeping, namun cukup dengan melaporkan ke pihak Kepolisian apabila ada kegiatan yang dianggap meresahkan.

Untuk diketahui, Ops Lilin Semeru 2018 di Kabupaten Nganjuk bakal digelar selama 12 hari sejak Jumat (21/12) hingga Selasa (01/01/19) mendatang, dan melibatkan 500 personel gabungan.

Hadir dalam apel tersebut, Komandan Kodim 0810/Nganjuk, Letkol Kav Joko Wibowo, SH, MM, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Drs Puji Santoso, Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Jumadi, beberapa perwakilan instansi terkait, para tokoh agama, tokoh pemuda hingga tokoh masyarakat.

Selesai apel, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan alat-alat serta sarana dan prasarana yang dimilki Polres Nganjuk dari ruang Command Center fungsi Sabhara, Reskrim, Satnarkoba, Satbinmas dan Forkom UMKM Oleh-Oleh khas Nganjuk.(ng1)

Keterangan gambar: Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanya Winarta bersama Forkopimda usai meninjau personel dan UMKM milik Polres Nganjuk.(foto suprapto)

Related posts

Leave a Comment