Tempat Penampungan Sementara PMKS di Blitar Belum Terima Orang Luar Daerah

ADAKITANEWS, Blitar – Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kabupaten Blitar perlu ditempatkan di lokasi khusus agar tidak mengganggu masyarakat lain. Pemerintah Kabupaten Blitar pun memastikan, pihaknya sudah memiliki tempat tersebut yang berada di wilayah Kecamatan Garum.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Romelan mengatakan, tempat penampungan sementara PMKS sudah berfungsi sejak akhir 2017 lalu. PMKS itu, meliputi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) serta orang terlantar atau gelandangan.

“Alhamdulillah kita sudah punya tempat sementara bagi penyandang masalah sosial. Pada intinya, yang bisa masuk dalam penampungan sementara adalah orang yang mempunyai masalah-masalah sosial,” kata Romelan, Sabtu (12/05).

Romelan menegaskan, penampungan sementara ini hanya menampung PMKS dari Kabupaten Blitar saja. Karena menurutnya, di Kabupaten Blitar saat ini masih banyak orang yang mengalami masalah sosial.

Berdasarkan data yang dimilinya, selama ini sudah ada sekitar 15 orang ditampung. Namun penampungan yang dilakukan tidak ditampung lama. Karena akan diupayakan tindak lanjutnya agar permasalahannya bisa diselesaikan.

“Namanya juga penampungan sementara, jadi kita menampungnya gak lama. Kalau ada yang sakit jiwa ya segera kita arahkan ke Rumah Sakit Jiwa. Begitu juga yang lain, kita upayakan tindak lanjut penyelesaian masalahnya,” jelasnya.

Romelan mencontohkan, beberapa pekan lalu pihak kepilisian telah melakukan razia orang gelandangan atau terlantar, sehingga mereka yang terkena razia sudah bisa ditampung. Pihaknya juga mengaku siap menampung ODGJ sebelum dibawa ke Rumah Sakit Jiwa.

“Kalau anak punk atau anak jalanan, jika ditampung bukan berati anak ini akan dibina lama, tetapi pasca terkena razia proses selanjutnya akan kita tempatkan di shelter,” pungkasnya.

Romelan menambahkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Blitar.(fat)

Keterangan gambar: Romelan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment