Target PBB P2 di Blitar Naik Rp 4 Miliar

ADAKITANEWS, Blitar – Berdasarkan data dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Blitar, akhir tahun 2017 lalu realisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB P2) masih mencapai 91,61 persen. Yakni dari baku ketetapan senilai Rp 28 miliar, masih tercapai Rp 25,7 miliar.

Kepala Bapenda Kabupaten Blitar, Ismuni mengatakan, tahun 2018 ini target PBB P2 Kabupaten Blitar naik, dari Rp 28,3 miliar pada 2017 menjadi Rp 32,5 miliar pada 2018, atau naik sekitar Rp 4 miliar. Ismuni menjelaskan, target PBB P2 tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan disebabkan kesadaran masyarakat akan membayar pajak di tahun 2017 mengalami peningkatan.

“Target PBB P2 tahun ini memang meningkat. Ini tentunya kita lakukan karena kesadaran masyarakat wajib pajak untuk membayar pajaknya juga mengalami peningkatan,” kata Ismuni pasca launching bulan panutan PBB P2 di Pendopo Sasana Adi Praja Kanigoro, Senin (05/03).

Selain itu, lanjut Ismuni, di tahun 2017 masyarakat hanya dapat membayar PBB P2 di salah satu bank, namun di tahun 2018 ini pihaknya telah bekerja sama dengan 2 bank lain untuk bisa melayani pembayaran PBB P2. Sehingga kendala yang selama ini dialami masyarakat yang berdomisili di daerah desa bisa teratasi.

“Kita pastikan sudah bekerja sama lagi dengan 2 bank lain. Artinya kendala yang kita hadapi tahun lalu tentu bisa teratasi. Selain itu, dalam pelaksanaan pembayaran PBB P2 kita juga akan terus melakukan monitoring dan evaluasi guna menghindari adanya permasalahan,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Blitar, Drs H Riyanto MM mengatakan, dengan dinaikkan baku ketetapan PBB P2 tahun 2018, maka pihaknya juga menargetkan realisasi PBB P2 di Kabupaten Blitar tahun ini bisa tercapai 100 persen hingga batas akhir jatuh tempo.

“Bapenda saat ini kan sudah mulai lakukan sosialisasi dan SPPT dan sudah dikirimkan ke setiap desa serta kecamatan, sehingga diharapkan SPPT segera di berikan kepada wajib pajak. Kita berharap tahun ini realisasinya mencapai 100 persen,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana launching bulan panutan PBB P2 di Pendopo Sasana Adi Praja Kanigoro.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment