Tanam Seribu Pohon di Semarak HPN 2019

ADAKITANEWS, Nganjuk – Untuk menyemarakan Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk bersama Kodim 0810/Nganjuk serta unsur Forkopimda Kabupaten Nganjuk melakukan penghijauan untuk menjaga kelestarian alam dengan penanaman 1.000 pohon produktif di area Lapangan Desa Sugihan Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk, Selasa (05/02).

Selain dihadiri langsung oleh Dandim 0810/Nganjuk, Letkol Kav Joko Wibowo, acara tersebut juga diikuti Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, Ketua DPRD Nganjuk, Puji Santoso, Kepala Perhutani Nganjuk, Bambang Cahyono, seluruh Kapolsek di jajaran Polres Nganjuk, seluruh Danramil di jajaran Kodim 0810/Nganjuk, perwakilan seluruh perguruan silat di Kabupaten Nganjuk, serta masyarakat di sekitar Desa Sugihan.

Letkol Kav Joko Wibowo mengatakan, selain untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, kegiatan penanaman itu juga sebagai momentum gerakan penghijauan dalam rangka menambah komunitas tanaman yang akan berkontribusi sebagai oksigen, yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup.

“Sesuai koordinasi dengan berbagai pihak, TNI akan membantu pengawasan fisik tanaman dan pemberian pemahaman kepada masyarakat sekitar, sehingga keberlangsungan tanaman itu lebih terjamin dan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Dandim 0810/Nganjuk menjelaskan, manfaat dari kegiatan menanam pohon tidak akan terjadi secara spontan, akan tetapi membutuhkan proses. “Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian TNI dalam mendukung program ketahananan pangan dan penghijauan. Selain itu juga menjadi bukti kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang selalu terjalin dalam berbagai bidang,” paparnya.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya sangat mengapriasiasi kegiatan yang dimotori oleh Kodim 0810/Nganjuk, Perhutani, serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nganjuk kali itu. ” Gerakan ini adalah salah satu bentuk nyata Nganjuk Nyawiji yang bersatu untuk bersama-sama membangun Kabupaten Nganjuk melalui kegiatan penghijauan agar Nganjuk kedepan tidak ada lagi bencana sekecil apapun,” tandasnya.

Sementara itu Ketua PWI Nganjuk, Andik Sukaca mengatakan penanaman seribu pohon di lereng Gunung Wilis tersebut digelar dalam rangka Hari Pers Nasional 2019, yang tahun ini dipusatkan di Surabaya pada 9 Februari mendatang. “Ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional 2019 di Kabupaten Nganjuk. Semoga pohon yang ditanam dapat membuat Kota Angin lebih hijau, sehat dan terhindar dari bencana,” katanya.(ng1)

Keterangan gambar: Dandim 0810/Nganjuk, Wakil Bupati Nganjuk, dan Ketua PWI Nganjuk secara simbolis menanam pohon.(foto suprapto)

Related posts

Leave a Comment