Tak Ada Kenaikan Besaran Santunan Bagi 28 Perintis dan Janda Perintis Kemerdekaan

ADAKITANEWS, Blitar – Seluruh perintis dan janda perintis kemerdekaan di Kabupaten Blitar dipastikan tetap mendapat bantuan santunan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Namun, besaran santunan tidak ada kenaikan atau masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Puguh Wahyu Utomo Adi mengatakan, secara keseluruhan jumlah janda perintis dan perintis kemerdekaan di Kabupaten Blitar ada 28 orang. Rinciannya, untuk janda perintis kemerdekaan ada 25 orang, dan perintis ada 3 orang.

“25 janda perintis ini menyebar di seluruh kecamatan. Kemudian untuk 3 perintis berada di Kecamatan Panggungrejo, Wlingi dan Gandusari,” kata Wahyu, Selasa (02/04).

Wahyu menjelaskan, setiap tahun janda perintis kemerdekaan mendapat santunan senilai Rp 2 juta untuk dana kesehatan. Sedangkan bagi perintis kemerdekaan mendapat bantuan senilai Rp 8 juta.

Menurutnya biasanya bantuan ini dicairkan pada awal hingga pertengahan tahun melalui rekening bank yang telah ditunjuk.

“Nominalnya masih sama seperti tahun sebelumnya. Untuk pengambilan harus dilakukan penerima langsung, jad bisa diantar tapi tidak bisa diwakilkan,” ujarnya.

Wahyu menambahkan, selain snatunan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memberikan bantuan berupa sembako serta kebutuhan hidup yang lainnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Puguh Wahyu Utomo Adi, Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment