Sidoarjo Kembali Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak Parah

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Hujan deras disertai angin kencang kembali menerjang wilayah Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (15/12) sore. Akibatnya, sekitar 25 lebih rumah warga mengalami kerusakan parah dan beberapa pohon juga roboh.

Hujan disertai angin puting beliung tersebut terjadi di beberapa desa di Kecamatan Balongbendo, diantaranya Desa Bakung Pringgodani dan Desa Wonokarang. Dari informasi yang didapat, kondisi terparah yakni di RT 6 dan RT 9 Desa Bakung Pringgodani, dimana ada sekitar 20 rumah rusak.

Paiman, warga RT 9 Desa Bakung Pringgondani mengatakan, angin datang sekitar pukul 15.30 WIB disertai hujan deras dari barat ke timur. Paiman yang saat itu sedang mencuci motor di depan rumahnya tiba-tiba mendengar suara gemuruh hingga akhirnya panik dan mencoba menyelamatkan diri.

“Angin bergerak menggulung, muter-muter dari barat ke timur. Genting-genting rumah juga beterbangan,” ujar Paiman yang rumahnya juga mengalami rusak parah.

Kapolsek Balongbendo, Kompol Sutriswoko menjelaskan, pasca peristiwa itu pihaknya bersama anggota langsung melakukan pendataan dan membantu warga membersihkan ranting pohon yang roboh dan menimpa rumah warga.

“Kita langsung melakukan pendataan rumah warga yang mengalami kerusakan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” terangnya.

Sementara itu petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo yang datang ke lokasi juga langsung melakukan evakuasi menggunakan gergaji mesin.

“Kita lakukan pembersihan pepohonan yang menimpa rumah warga dulu. Untuk rumah yang kondisinya parah, sementara akan kita kirim terpal dulu, untuk digunakan sebagai atap rumahnya,” ujar Aslam, salah satu petugas BPBD Sidoarjo di lokasi.(sid3)

Keterangan gambar : Kondisi rumah warga di Desa Bakung Pringgodani dan Desa Wonokarang Kecamatan Balongbendo yang rusak usai diterjang angin puting beliung.(ist)

Related posts

Leave a Comment