Setelah Empat Bulan Dilantik, Pj Bupati Tulungagung Baru Lakukan Sertijab

ADAKITANEWS, Tulungagung – Serah terima jabatan (Sertijab) dari Pj Bupati Tulungagung, Jariyanto kepada Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, baru dilakukan pada hari ini, Jumat (08/02). Artinya sejak Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dilantik pada Selasa (25/09/18) lalu, baru empat bulan kemudian dilakukan Sertijab.

Berlarut-larutnya Sertijab tersebut menurut Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Jatim, Supriyanto, disebabkan karena berkaitan dengan kasus hukum yang membelit Bupati Tulungagung terpilih, Syahri Mulyo.

“Proses sertijab menunggu status Syahri Mulyo sebagai terdakwa. Karena saat dilantik, statusnya masih sebagai tersangka dan masih dalam tahanan, sehingga tidak bisa menjalankan tugasnya,” kata Supriyanto, Jumat (08/02).

Supriyanto menampik bahwa Sertijab tersebut sebagai hal formalitas belaka. “Ini perintah Undang-undang dan Peraturan Pemerintah. Harus dilakukan Sertijab. Bisa Bupati atau Wakilnya,” ujar Supriyanto, mewakili Gubernur Jawa Timur.

Meski baru dilakukan sekarang, lanjut Supriyanto, tidak ada perbedaan kewenangan baik setelah maupun sebelum proses Sertijab. Ia juga mengingatkan kepada Maryoto Birowo agar kejadian yang menimpa Syahri Mulyo tidak terulang kembali.

Sementara itu bagi Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, mundurnya Sertijab ini tidak mengganggu kinerjanya. “Tidak ada masalah. Karena sudah menjadi tuntutan Undang-undang tentang tata kelola pemerintahan dibidang SDM,” jelas Maryoto.

Sekadar diketahui, proses serah terima dilakukan di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Tulungagung dengan disaksikan oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Jatim, Supriyanto, Kepala Bakorwil I Madiun, Gatot Gunarso, Forkopimda dan sejumlah undangan lainnya.(bac)

Keterangan gambar : Sertijab dari Pj Bupati Tulungagung, Jariyanto kepada Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.(ist)

Related posts

Leave a Comment