Selama Ramadan, PMI Jamin Stok Darah Aman

ADAKITANEWS, Tulungagung – Beberapa hari menjelang memasuki bulan suci Ramadan tahun ini, persediaan darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Tulungagung masih dirasa aman.

“Untuk stok darah di UTD PMI Tulungagung, selama bulan puasa mencukupi. Karena sebelumnya kita sudah melakukan antisipasi sebelumnya,” kata Kasi Managemen Mutu UTD PMI Tulungagung, Sutikno Priyono, Rabu (09/05).

Lanjut Priyono, hingga saat ini di UTD PMI Tulungagung telah tersedia sebanyak 930 kantong darah, untuk semua jenis darah. Golongan darah AB yang biasanya minim, saat ini bahkan ada sebanyak 111 kantong. Sedangkan untuk golongan darah A tersedia 275 kantong, golongan darah B ada 225 kantong. Sementara, untuk golongan datah O, memiliki ketersediaan paling banyak, yakni ada 319 kantong.

Priyono menambahkan, UTD PMI Tulungagung dalam satu bulan rata-rata melayani permintaan darah sebanyaj 40 hingga 50 kantong dari berbagai jenis golongan darah.

“Meski kami nyatakan cukup, tapi kami akan tetap membuka donor sukarela dan juga donor keliling dengan unit mobil yang beroperasi usai berbuka puasa, yang akan ditempatkan di tempat keramaian. Karena target kami dalam sebulan bisa tersedia dua ribu kantong darah,” pingkas Priyono.(bac)

Keterangan gambar : Salah seorang pelajar saat melakukan donor darah di UTD PMI Tulungagung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment