Selama Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Dipangkas

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Sepanjang bulan Ramadan tahun ini, jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Blitar dipangkas 1,5 jam per hari. Aturan pengurangan jam kerja ASN pada Ramadan ini berdasarkan surat keputusan dari Kemenpan RB.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Ika Hadi Wijaya mengatakan, pemangkasan jam kerja ASN ini merupakan program rutin setiap memasuki bulan Ramadan. Untuk tahun ini, sebelumnya jam kerja ASN selama lima hari kerja mencapai 40 jam, namun selama Ramadan ini tinggal 32,5 jam.

“Jadi kalau dihitung, ada pemangkasan selama 1,5 jam perhari. Ini berlaku hanya satu bulan Ramadan ini,” kata Ika Hadi, Senin (06/05).

Menurutnya, sistem penerapan waktu perhari berbeda-beda karena ada yang lima hari kerja dan enam hari kerja. Ia mencontohkan, untuk ASN yang lima hari kerja, pada Senin-Kamis mulai masuk kerja pukul 07.30 WIB sampai pukul 14.00 WIB. Pada Jumat mereka masuk mulai pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB. Padahal kalau normal mereka masuk pukul 07.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB.

“Kalau yang enam hari, mulai Senin – Sabtu biasanya dilakukan di sekolah-sekolah maupun lainnya. Mereka mulai masuk pukul 07.30 WIB dan pulang pukul 14.00 WIB,” tutupnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana kerja ASN.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment