Salurkan Zakat Fitrah Lewat Babinsa

ADAKITANEWS, Lamongan – Menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1442 H, sudah rutinitas seperti tahun-tahun sebelumnya Kodim 0812/Lamongan menyalurkan zakat fitrah ke fakir miskin dan kaum dhuafa serta warga kurang mampu di wilayah Koramil jajaran Kodim 0812 Lamongan.

Acara pembagian zakat fitrah tersebut diberikan komandan Kodim 0812 Lamongan secara simbolis kepada perwakilan babinsa untuk di distribusikan atau di salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Jumat (07/05).

Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han mengatakan pemberian zakat Fitrah ini merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat muslim yang diwajibkan setahun sekali menjelang akhir bulan Ramadan.

“Mengeluarkan zakat fitrah adalah merupakan salah satu ibadah yang berfungsi untuk mensucikan ibadah puasa seorang muslim dan menyempurnakannya, dan harus dikeluarkan sebelum pelaksanaan Sholat Idulfitri dimulai,” kata Dandim 0812 Lamongan.

Karena, lanjut Letkol Inf Sidik Wiyono, boleh jadi dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan ini kita boleh jadi banyak melakukan kesalahan. “Dengan dikeluarkannya zakat fitrah insyaAllah kita bisa menyempurnakan dan mensucikan kesalahan tersebut,” ucap Dandim.

Dengan pembagian zakat fitrah ini, Dandim berharap bisa membantu meringankan beban dan kebutuhan warga miskin dan kurang mampu pasca pandemi Covid 19 ini.

Sementara itu di tempat terpisah tepatnya di Desa Made Babinsa koramil 0812/01 Kota Pelda Joko dengan didampingi Kepala Desa Made saat mendistribusikan zakat fitrah kepada warga yang terdampak Covid-19 dan berhak menerima seperti halnya warga yang kurang mampu

Sementara itu Mbah parno salah satu penerimaan zakat ini mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak TNI, khususnya Kodim 0812/Lamongan yang mana sangat peduli terhadap warga yang kurang mampu apalagi pasca pandemi Covid 19 seperti ini. “Dengan pemberian zakat fitrah ini kami mengucapkan banyak terima kasih, ungkap salah satu warga tersebut.(prap)



Keterangan gambar: Dandim Letkol Inf Sidik Wiyono secara simbolis menyalurkan zakat kepada Babinsa.(ist)

Related posts

Leave a Comment