RPP Digital Joyoboyo: Jawab Tantangan Milenial

ADAKITANEWS, Kediri – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar launching digitalisasi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Joyoboyo, Jumat (06/11). RPP tersebut merupakan yang pertama di Jawa Timur itu, sekaligus menjawab tantangan milenial di tengah kemajuan era digital.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Sosial, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, RPP Joyoboyo KPU Kabupaten Kediri ini merupakan sebuah gagasan dan inovasi yang baik dan sesuai dengan kemajuan zaman. “RPP Joyoboyo KPU Kabupaten Kediri ini adalah RPP Digital pertama dari 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur,” kata Gogot saat memberikan sambutan dalam acara launching RPP Digital Joyoboyo KPU Kabupaten Kediri.

Digitalisasi, kata Gogot, merupakan hal yang sanat perlu diterapkan di segala bidang, terutama pendidikan pemilu. Pasalnya, saat ini mayoritas pemilih pemula merupakan generasi milenial yang butuh pengenalan terkait pemilu melalui media digital. “Apalagi pemlih pemula sekarang adalah para generasi milenial. Jad RPP Digital ini merupakan jawaban dari tantangan era milenial,” tambahnya.

Usai memberikan sambutan, Gogot didampingi seluruh Komisioner KPU Kabupaten Kediri juga menyempatkan diri mencoba berbagai fitur di dalam RPP. Diantara yang paling menjadi perhatian adalah bilik e-voting.

Di dalam bilik tersebut, pemlih bisa menggunakan hak pilihnya secara digital. Yakni memlih calon, kemudian mendapatkan hardcopy berupa print hasil pilihan, yang kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara.

“E-votiing ini bagus. Bisa langsung dilihat hasil perolehan suara. Serta ada hardcopynya berupa bukti surat suara. Jadi bisa menjadi acuan jika nantinya ada komplain atau kesalahan,” tandasnya.

Selain Gogot Cahyo Baskoro, launching RPP Digital Joyoboyo KPU Kabupaten Kediri tersebut juga dihadiri oleh beberapa perwakilan KPU daerah di sekitar Kabupaten Kediri, Bawaslu Kabupaten Kediri, Pemkab Kediri, hingga pelajar yang juga berkesempatan langsung mencoba fasilitas di RPP Joyoboyo.(kur)

Keterangan gambar: RPP Digital Joyoboyo KPU Kabupaten Kediri.(foto: kurniawan)

Related posts

Leave a Comment