Ribuan KPM di Blitar Belum Bisa Cairkan BPNT

ADAKITANEWS, Blitar – Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Blitar mulai dilakukan sejak Mei 2018. Meski demikian, hingga saat ini ada ribuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) belum bisa mendapat bantuan tersebut.

Kasi Pengelolaan Bantuan Stimulan Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Nasiatin mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya jumlah penerima BPNT di Kabupaten Blitar ada 77.165 KPM. Dari jumlah tersebut, sebanyak 71.265 KPM sudah mendapat kartu ATM dan bisa mencairkan bantuannya.

“Dari 77.165 KPM, 5.900 diantaranya belum bisa mencairkan bantuan senilai Rp 110 ribu, karena belum miliki ATM,” kata Nasiatin, Jumat (09/11).

Nasiatin menjelaskan, ada beberapa penyebab ribuan KPM belum bisa mendapat kartu ATM. Diantaranya yang bersangkutan sudah meninggal dunia, Tenaga Kerja Indonesia (TKI), pindah tempat atau alamat, namanya ganda, dan belum memiliki e-KTP atau belum melakukan perekaman e-KTP.

Menurutnya, berdasarkan dengan kebijakan Kemensos, bagi KPM yang sudah melakukan perekaman dan mendapat surat keterangan (suket) nanti bisa segera mendapat kartu ATM.

“Banyak penyebabnya. Selain karena yang bersangkutan sudah meninggal dunia, juga disebabkan masalah administrasi kependudukannya yang masih bermasalah,” ujarnya.

Nasiatin menambahkan, bagi KPM yang belum memiliki e-KTP bisa segera melakukan perekaman e-KTP agar bantuan bisa segera diberikan.(fat/wir)

Keterangan gambar: Nasiatin, Kasi Pengelolaan Bantuan Stimulan Dinas Sosial Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment