Rekatkan Kebhinnekaan, Mas Bup: Budaya sebagai Pemersatu Bangsa

ADAKITANEWS, Kediri – Masih dalam rangka Bulan Bung Karno, Gelar Seni Budaya Daerah tahun 2021 kembali dilaksanakan di Kabupaten Kediri. Kali ini, acara bertajuk ‘Budaya Pemersatu Bangsa’ berlangsung selama dua hari mulai Minggu (20/06) hingga Senin (21/06).

Di hari kedua ini disajikan berbagai tampilan lagu dan paduan suara yang diiringi oleh Art Sympony Orchestra serta teatrical dari gabungan sanggar seni, tari, break dance serta komunitas Ganongan Kediri.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana atau yang akrab disapa Mas Bup menjelaskan, Juni adalah bulan Bung Karno karena di bulan inilah sang proklamator lahir pada tahun 1901 dan meninggal 51 tahun yang lalu.

“Maka saya rasa tidak ada salahnya Pemerintah Kabupaten Kediri memberikan penghormatan kepada sang Proklamator melalui acara ini. Berbagai peninggalan sejarah dan beragam kesenian yang ditampilkan selama dua hari ini, menunjukkan budaya di Kabupaten Kediri sangat kental sekali. Budaya ini diharapkan dapat merekatkan kebhinnekaan, budaya sebagai pemersatu bangsa,” katanya.

Mengingat masih di masa pandemi, Gelar Seni Budaya dalam rangka Bulan Bung Karno ini dilaksanakan secara virtual dan disiarkan langsung melalui Youtube Dhito Pramono dan Kominfo Kediri serta Live Instagram@mas.bup. Mas Bup juga kembali mengimbau kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kondisi covid sedang tidak baik di Kabupaten Kediri. Ketersediaan bed meningkat, dalam sepekan naik 20 persen. Kalau hal ini terus terjadi 2-3 pekan kedepan, rumah sakit bisa collaps. Ini menjadi persoalan yang harus diselesaikan pemerintah, dan tentunya masyarakat harus sadar betul akan bahaya Covid-19. Patuhi protokol kesehatan dalam setiap kesempatan,” tegas Mas Bup.(*/kur)


Keterangan gambar: Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana.(kedirikab.go.id)

Related posts

Leave a Comment