Rekapitulasi Tingkat Kecamatan Gunakan Sistem Paralel

ADAKITANEWS, Blitar – Tahapan penghitungan dan rekapitulasi suara sudah tertuang dalam PKPU nomor 7 tahun 2019 tentang perubahan ketiga atas Peraturan KPU nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2019.

Adapun tahapannya, dimulai dari penghitungan suara di TPS, kemudian rekapitulasi tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, dan terakhir Pusat. Saat ini, di Kabupaten Blitar telah dilakukan rekapitulasi tingkat kecamatan.

“Kita telah mulai melakukan rekapitulasi suara Pemilu 2019 dengan menggunakan sistem pararel. Rekapitulasi itu sudah dilakukan di tingkat kecamatan mulai Jumat (19/04) kemarin,” kata Imron Nafifah,. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, Sabtu (20/04).

Imron menjelaskan, sesuai tahapan setelah penghitungan suara di TPS, dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat kecamatan dengan menggunakan sistem 2 sampai 4 pararel atau kelompok. Menurutnya, sistem penghitungan pararel merupakan sistem baru dalam Pemilu. Surat suara tidak lagi dihitung di kelurahan melainkan langsung dibawa ke kecamatan.

“Sistem yang dimaksud berupa pembagian kelompok. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan dibagi maksimal empat kelompok penghitungan untuk menghitung surat suara. Selain anggota PPK, pada setiap kelompok juga akan ada saksi dari Bawaslu dan saksi dari masing-masing partai politik,” jelasnya.

Imron menuturkan, masing-masing kecamatan diberikan batas waktu yang berbeda-beda, sebab jumlah TPS di setiap kecamatan juga berbeda. Untuk tahapan selanjutnya proses rekapitulasi akan dilanjutkan ke tingkat KPU Kabupaten Blitar.(fat)

Keterangan gambar: Imron Nafifah, Ketua KPU Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment