Realisasi PBB P2 Triwulan Pertama Tak Capai Target

ADAKITANEWS, Blitar – Pencapaian Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) di Kabupaten Blitar pada triwulan pertama 2019 tak maksimal. Hal ini terlihat dari target realisasi yang telah dipatok Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Blitar tidak bisa tercapai.

“Kita telah menargetkan pada triwulan pertama 2019 realisasi PBB P2 harus mencapai sebesar 15 persen. Namun, setelah dilakukan evaluasi per 26 April 2019, realisasi PBB P2 baru mencapai 11,83 persen,” kata Ismuni, Kepala Bapenda Kabupaten Blitar, Rabu (01/05).

Ismuni menjelaskan, dari baku ketetapan sekitar Rp 29 miliar, realisasi baru tercapai sekitar Rp 3,4 miliar. Menurutnya, ada beberapa hal yang menyebabkan realisasi PBB P2 masih rendah, diantaranya penetapan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) baru dilakukan Januari, kemudian pada Februari SPPT mulai didistribusikan.

“Setelah itu, pada bulan berikutnya atau Maret, ternyata cukup banyak masyarakat yang mengajukan perubahan data yang tercantum pada SPPT. Sehingga datanya juga harus diperbaiki dulu,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Ismuni, minat masyarakat untuk membayar PBB P2 lebih awal masih sangat rendah, sehingga pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kita memperkirakan pada triwulan kedua realisasi PBB P2 di Kabupaten Blitar akan lebih meningkat,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Ismuni, Kepala Bapenda Kabupaten Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment