Ratusan Korban Gempa Sulteng Tiba Di Sidoarrjo

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sekitar 160 orang korban gempa dan tsunami asal Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, tiba di Bandara Internasional Juanda, Rabu (03/10). Mereka tiba setelah sebelumnya diterbangkan menggunakan satu pesawat Hercules A 1337 milik TNI AU dari Palu dan tiba sekitar pukul 19.10 WIB.

Kedatangan para korban tersebut disambut langsung oleh Kasrem 084/Baskara Jaya, Letkol Arm Aprianko Susesno Sos, Dandim 0816/Sidoarjo, Letkol Kav Arief Cahyo Widodo beserta Kadisops Lanud, pejabat utama Polresta Sidoarjo, serta Wakil Bupati Sidoarjo, H Nur Ahmad Syaifudin SH.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, dalam rombongan pengungsi tersebut, 2 orang diantaranya datang dengan kondisi patah tulang dan langsung dilarikan ke RSUD Sidoarjo.

54 orang pengungsi lain diketahui juga langsung dijemput oleh keluarganya. Sementara 99 orang sisanya, diangkut mengunakan truk dari Kodim 0816 Sidoarjo, Lanud Surabaya, Lanudal Juanda dan Polresta Sidoarjo, untuk dibawa ke Terminal Bungurasih dan akan dikembalikan ke rumah saudaranya masing-masing.

“Sementara itu 20 orang pengungsi yang masih tersisa ditampung di mess Bhaskara Jaya Jalan Juanda dengan mengunakan bus miliki TNI AL untuk selanjutnya menunggu penjemputan dari pihak keluarganya,” terang Dandim 0816/Sidoarjo, Letkol Kav Arief Cahyo Widodo.

Dandim menyebut, para pengungsi ini dipastikan akan mendapat perhatian dan bantuan semaksimal mungkin, untuk segera bertemu dengan keluarganya yang ada di Sidoarjo atau di sekitar Jawa Timur.

“Dengan sinergitas satuan TNI, Polri dan Pemda Sidoarjo, kita akan memfasilitasi kebutuhan apa yang diperlukan oleh para pengungsi. Mulai dari kesehatan, logistik dan sarana prasarana tempat tidur yang lainnya, sehingga para pengungsi dapat aman dan nyaman tanpa rasa takut untuk segera kembali kepada keluarganya,” ungkap Dandim.(sid3)

Keterangan gambar : 160 pengungsi asal Palu dan Donggala Sulawesi Tengah, tiba di Bandara Internasional Juanda.(ist)

Related posts

Leave a Comment