PWI Sidoarjo Ajak Siswa Aktif Perangi Berita Hoax

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Penyebaran berita hoax selama ini masih menjadi perhatian tersendiri bagi banyak kalangan. Tak terkecuali, para jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sidoarjo.

Masih dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, PWI Sidoarjo bersama dengan unsur Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali mengajak seluruh elemen masyarakat terutama generasi milenial, untuk ikut serta aktif memerangi penyebaran berita hoax.

Salah satu upayanya yakni dengan diselenggarakannya resepsi HPN 2018 dan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, di salah satu rumah makan di kawasan Sidoarjo, Rabu (29/08).

Ketua PWI Sidoarjo, Abdul Rouf mengatakan, generasi milenial saat ini lebih fasih dalam hal teknologi, dan sangat kuat di dalam egosentrisme. “Kami berharap masyarakat terutama generasi muda harus pandai-pandai menyaring informasi ataupun berita-berita bernuansa provokatif, pornografi, dan lain sebagainya,” katanya.

Menurut Abdul Rouf, terus menyebarnya berita-berita hoax tidak lepas dari perkembangan teknologi di era globalisasi. Selain mengikutsertakan peran masyarakat, PWI Sidoarjo pun juga mendorong insan media, untuk memuat berita-berita yang lebih membangun logika, bukan opini. Sebab, peran media bisa dilihat dari upayanya untuk menguatkan mindset kebangsaan yakni menjaga persatuan dan kesatuan.

“Salah satu upaya menjauhkan dari budaya hoax, PWI Sidoarjo sinergi dengan Pemkab Sidoarjo, Polresta Sidoarjo dan DPRD Sidoarjo melakukan literasi digital, merdeka dari hoax,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Saifuddin yang juga turut hadir dalam acara tersebut. Wabup mengaku mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PWI Sidoarjo dengan mengundang para siswa dan organisasi masyarakat seperti pemuda pancasila, GM – FKPPI, Ikatan Pemuda Muhammadiyah, Aisiyah, Fatayat, Muslimat, IPNU, IPPNU, PMII, dan GP Ansor, serta unsur yang terlibat dalam pengelolaan media sosial untuk merdeka dari hoax.

“Kami berharap kegiatan tersebut bisa bermanfaat positif bagi ormas dan siswa. Melalui peringatan Hari Pers Nasional, kita bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi generasi muda dan masyarakat dalam mengelola media sosial secara sehat dan mencerdaskan,” katanya Cak Nur, sapaan akrab Wabup Sidoarjo.(*/kur)

Keterangan gambar: Resepsi HPN 2018 dan peringatan HUT RI ke-73, PWI Sidoarjo.(ist)

Related posts

Leave a Comment