PWI Gelar Sarasehan Soal Undang-undang Pers

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Persatuan Wartawan (PWI) Kabupaten Sidoarjo berencana akan menggelar kegiatan sarasehan dengan mengundang perwakilan seluruh dinas, instansi dan badan se-Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan tersebut rencananya akan diselenggarakan di Aula Edotel SMK Negeri 1 Buduran, Sidoarjo pada Senin (29/10) mulai pukul 09.00 WIB. Dalam acara bertajuk “Sengketa Berita?, Ayo Gunakan Undang-undang Pers” ini, PWI Sidoarjo ingin membahas tentang pemahaman tupoksi jurnalistik menurut undang-undang, serta mensosialisasikannya.

Ketua PWI Kabupaten Sidoarjo, Abdul Rouf mengatakan, kegiatan sarasehan ini akan diikuti oleh perwakilan dari seluruh instansi sipil, pemerintahan maupun badan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. “Sehubungan dengan dilaksanakannya sosialisasi Undang-undang Pers yang digelar PWI Kabupaten Sidoarjo, kami mengharapkan dinas, instansi, badan untuk mengirimkan dua perwakilannya dalam acara itu,” terang Rouf kepada Tim Adakitanews, Minggu (28/10).

Disampaikan Abdul Rouf, undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers memiliki peran utama dalam setiap kegiatan jurnalistik. Bukan hanya mengatur tentang tugas serta tanggungjawab jurnalis saat melakukan peliputan berita, tetapi juga memuat segala hal tentang kewartawanan.

“Undang-undang pers mengatur segala hal tentang pers. Bukan hanya bagi seorang wartawan atau jurnalis, tetapi juga bagi narasumber dan masyarakat luas,” tambahnya.

Salah satu yang akan menjadi pembahasan dalam kegiatan sarasehan besok, lanjut Abdul Rouf, diantaranya tentang kemungkinan adanya sengketa pers.

Dengan memahami setiap aturan yang tercantum dalam undang-undang nomor 40 tahun 1999, wartawan maupun pejabat pemerintah atau masyarakat, bisa benar-benar mengerti tentang kinerja pers, serta memahami hak dan kewajibannya masing-masing.

“Pentingnya memahami undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers, salah satunya adalah apabila ada sengketa pers yang diakibatkan dari produk pers. Seperti apa produk pers itu? Berita apa saja yang bisa dikategorikan sebagai produk pers?, besok akan dijelaskan semua oleh narasumber,” tutupnya.(sid3)

Keterangan gambar : Banner kegiatan sarasehan PWI Sidoarjo tentang UU Pers.(ist)

Related posts

Leave a Comment