Puting Beliung Kembali Terjang Tulungagung

ADAKITANEWS, Tulungagung – Belum genap sepekan, bencana puting beliung kembali memporakporandakan wilayah Kabupaten Tulungagung. Kali ini, terjangan angin puting beliung terjadi di Dusun Kendit Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat, Kamis (04/01).

Menurut Sukamdi, salah seorang warga, peristiwa terjadi pada pukul 12.30 WIB. Saat itu cuaca mendung dan tiba-tiba datang gulungan berwarna putih yang disertai bunyi menderu.

“Ada gulungan berwarna putih dan suara gemuruh dari arah barat menuju utara. Kejadiannya begitu cepat,” kata Sukamdi.

Setidaknya ada 41 rumah warga yang rusak. Rata-rata kerusakan tersebut berupa atap genteng, asbes dan gavalum berterbangan tersapu ganasnya angin puting beliung. Bahkan sebuah kandang sapi roboh rata dengan tanah, dan satu rumah warga tertipa pohon randu yang tumbang.

Wargapun segera mengamankan barang-barang dan perabotan rumah lantaran khawatir rusak akibat guyuran air hujan. Sebagian warga lainnya mulai memperbaiki atap genting yang rontok, meski kondisi masih hujan.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tulungagung yang datang ke lokasi bancana langsung melakukan pendataan terhadap rumah warga yang rusak.

Kepala BPBD Tulungagung Soeroto, mengaku belum dapat memastikan jumlah kerugian terhadap puluhan rumah warga yang rusak, karena masih dalam proses pendataan.

“Belum bisa dipastikan jumlah kerugiannya, karena pendataan belum selesai. Kita rencanakan besok, Jumat (04/01) akan dilakukan kerjabakti sambil mendidtribusikan material kepada korban,” kata Kepala BPBD Tulungagung, Soeroto.

Soeroto menyampaikan, dari catatan BPBD, di Kabupaten Tulungagung ada lima kecamatan yang rawan terjadi bencana puting beliung, yaitu Kecamatan Pakel, Boyolangu, Campurdarat, Sumbergempol dan kecamatan Kalidawir. Dia menghimbau warga diharapkan selalu waspada agar tidak sampai jatuh korban jiwa maupun luka.(bac)

Keterangan gambar : Rumah warga yang diterjang puting beliung.(foto : acta cahyono)

Related posts

Leave a Comment