Puluhan Warga Tolak Eksekusi Lahan TKD

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Proses eksekusi terhadap lahan seluas 320 meter persegi yang ada di Desa/Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo, mendapat penolakan dari warga. Menurut warga, lahan tersebut adalah tanah gogol yang merupakan aset desa yang telah dikuasai oleh perorangan, tanpa ada persetujuan pihak desa dan para pemilik tanah sebelumnya.‎

Dalam aksinya, puluhan warga membentangkan spanduk bertuliskan penolakan eksekusi yang akan dilakukan Pengadilan Negeri Sidoarjo.‎‎ Koordinator aksi, Heri Widodo mengatakan, lahan itu merupakan aset desa dan tidak bisa dijual belikan.

“Hal ini sesuai dengan undang-undang tentang aset desa yang mengacu pada keputusan bersama Menteri Agraria dan Menteri Dalam Negeri dan ditambah lagi Peraturan Bupati nomor 54 tahun 2011 tentang aset desa,” ucapnya kepada wartawan, Selasa (03/07) di lokasi.‎

Ditambahkan Heri, warga menduga ada indikasi kecacatan hukum dalam proses pemenangan pengadilan atas nama H Sholihin yang telah mengusai lahan aset desa tersebut. Pasalnya sejumlah prosedur yang dilakukan oleh H Sholihin, dianggap tidak memenuhi syarat diantaranya belum melakukan musyawarah dengan pihak-pihak yang masih berhak atas lahan tersebut.

“Belum melakukan musyawarah baik dengan pihak desa maupun dengan para pemilik tanah yang sah, atau para gogol. Tiba-tiba sudah ada surat kesepakatan. Hal ini patut diduga tanda tangan yang tertera adalah palsu,” ungkap Heri Widodo.

Di tempat terpisah, Kuasa Hukum Desa Krembung, H Sunarno Edi Wibowo menyampaikan, adanya penolakan warga ini pihaknya akan melakukan upaya hukum dalam kasus kepemilikan aset desa Krembung yang dikuasai perorangan.

“Pihak Desa Krembung dan warga desa tidak merasa tanda tangan, terkait jual beli lahan aset desa seluas 320 meter persegi empat tahun silam itu,” tegasnya.‎

Sementara itu Kepala Desa Krembung, H Supandi menuturkan, pihaknya menyatakan eksekusi ini dinyatakan batal tanpa kejelasan yang pasti, usai warga Krembung mendapatkan surat tembusan dari pihak Pengadilan Negeri Sidoarjo.

“Jika eksekusi tanah aset desa ini tetap dilakukan, kita bersama warga desa akan kembali menggelar aksi demo besar-besaran bahkan akan dilakukan ke pendopo Sidoarjo dan Pengadilan Negeri Sidoarjo,” pungkasnya.(sid3)

Keterangan gambar : Warga Desa/Kecamatan Krembung saat berorasi menolak eksekusi lahan yang merupakan tanah gogol.(ist)‎

Related posts

Leave a Comment