Puluhan Rumah dan Tanaman Padi Rusak Akibat Terjangan Angin

ADAKITANEWS, Tulungagung – Hujan deras disertai angin kencang menerjang kawasan pemukiman di Desa Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, Senin (05/03) siang. Selain mengakibatkan puluhan rumah rusak, amukan angin juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang serta merusak tanaman padi yang siap panen.

Menurut penuturan salah seorang warga, Solikin, 38, angin terjadi bersamaan dengan hujan turun. “Kejadiannya sangat cepat, hanya sekitar 10 menit. Saat itu cuaca tiba-tiba mendung, kemudian angin berhembus kencang dari arah timur menuju ke arah barat, mengakibatkan atap rumah warga berhamburan,” kata Solikin.

Genting-genting rumah tersebut beterbangan, terbawa angin kencang yang melanda kawasan tersebut. Selain merusak rumah warga, angin kencang juga menumbangkan beberapa pohon di tepi jalan Desa Wonorejo dan menimpa kabel sambungan telepon hingga putus.

Camat Sumbergempol, Galih Nusantara menyampaikan, untuk sementara data yang masuk ke pihaknya, selain 10 rumah ada 2 warung dan sebuah kandang yang mengalami kerusakan.

“Sedikitnya ada 10 rumah warga, 2 warung dan sebuah kandang mengalami kerusakan. Rata-rata kerusakan pada bagian genting dan asbes,” ujar Camat Sumbergempol, Galih Nusantara.

Selain merusak rumah warga dan menumbangkan pohon, angin kencang yang terjadi di kawasan tersebut juga merusak lahan pertanian. Sedikitnya 3 hektare tanaman padi siap panen roboh disapu pusaran angin.

Salah seorang petani yang padinya rusak mengatakan, meski padinya yang siap panen roboh, hal itu tidak berpengaruh pada hasil panen. Namun, pihaknya perlu biaya tambahan untuk ongkos saat panen nanti, karena harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak bisa dipanen dengan menggunakan mesin.

“Meski tanamannya roboh, ini tidak berpengaruh pada hasil panen. Tapi dengan kondisi seperti ini jelas tidak bisa dipanen dengan mesin, karena posisi tanaman banyak yang ambruk,” keluh Mahmudi.

Selain itu, Mahmudi juga mengatakan, padinya harus segera dipanen, sebab jika terlambat akan berakibat busuk pada bulir padi yang terendam di air.(bac)

Keterangan gambar : Korban terjangan angin Desa Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Tulungagung.(ist)

Related posts

Leave a Comment