Pulang Dari Luar Negeri, Pekerja Migran Bakal Jalani Pemeriksaan Kesehatan

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Selama ini Pemerintah Kota Blitar belum memantau kondisi kesehatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) saat pulang dari luar negeri. Mengingat hal ini juga sangat penting, Pemkot berencana akan melakukan pemeriksaan kesehatan PMI pulang dari luar negeri.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Blitar, Hari Wahyudi mengatakan, Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri cukup banyak. Menurutnya, persyaratan menjadi PMI sebenarnya sudah lengkap, termasuk kesehatan saat akan berangkat.

“Nah, namun demikian kita juga selaku anggota aksi tim Tuberculosis (TBC) Kota Blitar Dinas Kesehatan, merencanakan membuat suatu kegiatan untuk mengendalikan atau mendeteksi dini kondisi kesehatan PMI dari luar negeri,” kata Hari, Jumat (24/05).

Oleh sebab itu, lanjut Hari, pihaknya juga tidak tahu perkembangan kondisi PMI disana, sehingga perlu deteksi dini saat pulang. Penerapan program itu direncanakan akan direalisasikan tahun depan. Sehingga diharapkan, nantinya PMI Kota Blitar yang pulang dari luar negeri dipastikan bebas dari TBC.

“Ini masih kita rencanakan. Kalau penerapannya, mungkin di 2020 atau paling lambat 2021 mendatang. Semoga persiapannya lancar,” ujarnya.

Hari menambahkan, nantinya tidak hanya TBC yang dideteksi, namun seluruh penyakit, baik AIDS maupun lain-lain.(fat)

Keterangan gambar: Hari Wahyudi, Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Blitar.(foto : fathan)

Related posts

Leave a Comment